Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Jose Mourinho Didakwa karena Komentarnya Tentang Wasit
Oleh : Redaksi
Sabtu | 29-10-2016 | 09:26 WIB
josemo.jpg Honda-Batam

Jose Mourinho. (Foto: Martin Rickett/PA)

 

BATAMTODAY.COM, London - Bukan pertama kalinya Jose Mourinho didakwa dan mendapat sanksi karena komentarnya tentang wasit.

 

Manajer Manchester United, Jose Mourinho, sudah didakwa oleh Asosiasi Sepakbola Inggris, FA, karena berkomentar "akan sulit" bagi wasit Anthony Taylor untuk memimpin pertandingan timnya melawan Liverpool.

Dia menambahkan penugasan Taylor untuk pertandingan tanggal 17 Oktober lalu itu akan memberi "tekanan" kepada wasit yang tinggal di Manchester tersebut.

Peraturan di Inggris mulai tahun 2009 melarang para manajer berkomentar tentang wasit sebelum pertandingan. Mourinho "lelah" dengan serbuan para juru foto di hotelnya

Mourinho diberi waktu hingga tanggal 31 Oktober untuk menanggapi dakwaan "perilaku yang tidak tepat" dan "membuat pertandingan menjadi buruk".

Dalam pertandingan yang berakhir imbang 0-0 tersebut, Taylor mengeluarkan empat kartu kuning dan semuanya untuk pemain Manchester United.

Penunjukan Taylor juga dipertanyakan mantan Ketua Wasit, Keith Hackett, kepada Badan Petugas Pertandingan Professional, PGMOL.

Hackett berpendapat jika saja Taylor -yang merupakan pendukung klub nonliga Altrincham- melakukan keputusan yang salah besar maka tidak akan bisa "ditolerir".

PGMOL mengganti penunjukan wasit Kevin Friend -yang merupakan pendukung Leicester City- pada bulan April untuk pertandingan Tottenham Hotspur melawan Stoke. Saat itu Leicester dan Tottenham sedang bersaing ketat untuk menjadi juara Liga Primer, yang akhirnya diraih Leicester.

Mourinho sendiri menyadari ada potensi FA akan mengambil tindakan terhadapnya dengan tidak bersedia berkomentar lebih lanjut tentang masalah itu menjelang pertandingan.

"Saya sudah mendapat pelajaran dengan dihukum sejumlah kali karena komentar saya tentang wasit."

November tahun lalu manajer asal Portugal ini diganjar larangan satu kali masuk stadion ketika klubnya saat itu -Chelsea- bertanding dan denda £40.000 atau sekitar Rp633 juta.

Waktu itu FA mendukung pernyataan wasit Jon Moss bahwa Mourinho menolak meninggalkan kamar ganti petugas pertandingan dan mengeluarkan kata-kata kasar kepadanya dan rekan-rekan lain ketika istirahat paruh waktu dalam pertandingan yang dimenangkan West Ham.

Mourinho juga pernah didenda £50.000 (sekitar Rp794 juta) karena mengatakan wasit takut memberi penalti kepada timnya ketika Chelsea dikalahkan Southampton dengan angka 1-3 pada Oktober 2015.

Sumber: BBC Indonesia
Editor: Dardani