Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Puluhan Kyai Dipastikan Hadiri Haul Akbar II Bintan
Oleh : Harjo
Jum'at | 21-10-2016 | 09:26 WIB
ziarahhaulakbarbintan.jpg Honda-Batam

Kegiatan ziarah ke makam Ashabul atau pendiri Bintan jadi salah satu rangkaian menjelang acara Haul Akbar Bintan II. (Foto: Harjo)

 

BATAMTODAY.COM, Tanjunguban - Menjelang pelaksanaan Haul Akbar yang diselenggarakan oleh Majelis Zikir Al Khidmah Bintan pada 30 Oktober 2016, puluhan kyai dari berbagai daerah sudah memastikan diri untuk hadir dalam acara tesebut.

 

Demikian ungkap Ketua Majelis Zikir Al Khidmah Bintan, Beni Wahyudi kepada BATAMTODAY.COM, Jumat (21/10/2016). Ada pun beberapa kyai yang sudah memastikan menghadiri acara Haul Akbar Bintan II. Diantaranya, Habib Muhammad Haydar bin Achmad Dhiyaa Alaydrus, dari kota Surabaya, Kyai Yasin Sulkhan dari Lamongan Jawa Timur, selain itu ada belasan Jamaah Alkhidmah Kudus dan puluhan jamaah dari daerah lainnya.

"Selain dari Singapura, Malaysia, Johor dan Malaka, sedikitnya 200 jemaah yang berasal dari Kota Batam juga telah mengkonfirmasi panitia untuk hadir," ujarnya.

Ada pun rangkaian menjelang acara puncak, pihak panitia sudah menyelenggarakan sejumlah kegiatan terkait Haul Akbar diantaranya, persiapan dilapangan, seperti tenda, bendera umbul-umbul dan ziarah sejumlah makam pendiri Bintan.

"Panitia sudah melakukan ziarah ashabulhaul atau pendiri Bintan, diantaranya ke makam pendiri Majelis Zikir Al Khidmah Bintan Kyai Maskur BA, di makam Datuk Bujuk Bram Bramsyah Gunung Bintan, Tun Abbas di Bukit Batu Siantan dan Daeng Marewah di Seicarang, Sultan Sulaiman Badrulalamsyah," papar Beni Wahyudi.

Saat persiapan sudah mencapai sekitar 70 persen, tinggal menunggu finising seperti dekorasi tempat acara serta menyampaikan undangan resmi dan soaialisasi kepada masyarakat yang ada di Bintan.

"Terkait acara ini, melibatkan seluruh Ormas Islam, organisasi kemasyarakat dan kepemudaan serta masyarakat setempat. Termasuk masalah anggaran dan kebutuhan lainnya, semua bahu membahu guna menyukseskan acara ini," tambahnya.

Sebagaimana diketahui sebelumnya, acara ini diselenggarakan di sela kegiatan sehari-hari yang penuh hiruk pikuk aktivitas, baik pekerjaan dan profesi, Majelis Zikir Al Khidmah Bintan mengajak masyarakat Bintan dan Kepri menghadiri Haul Akbar II di Masjid Al Hikmah, Desa Teluksasah, Kecamatan Serikuala Lobam, Bintan, Minggu (30/10/2016) mendatang.

Sekertaris Majelis Zikir Al Khidmah Bintan Abdul Rohman kepada BATAMTODAY.COM di Tanjunguban, Selasa (27/9/2016) lalu mengatakan, dalam Haul Akbar kedua tersebut akan dihadiri oleh sekitar 600 jemaah dari berbagai wilayah Indonesia, Singapura, Malaysia, Johor dan Malaka.

"Haul Akbar yang diselenggarakan itu, untuk mendoakan para arwah, khususnya para pejuang dan pendiri Kepri. Selain itu, juga mendoakan para orang tua dan kaum muslimin muslimat yang telah mendahului kita semua," ujar Rohman.

Selain itu, juga untuk lebih meningkatkan tali siratullrahmi antar sesama. Khususnya untuk kalangan pemuda dan pelajar lebih mengingatkan ke arah prilaku yang lebih positif. Serta mengingatkan kembali, agar semua generasi muda sebagai penerus bangsa terjauh perbuatan dan pergaulan yang negatif serta yang bisa merusak masa depannya sendiri.

Dalam Haul Akbar II kali ini, sejumlah ulama besar yang sudah memastikandiri hadir diantaranya, KH Hasanudin dari Semarang, KH Yasin Sulhan dari Lamongan dan Habib Mustafa Al Jufri Surabaya, serta sejumlah ulama besar lainnya. Selain itu, akan hadir pengurus pusat Majelis Zikir Al Kidmah Indonesia, Malaysia, Singapura, Johor dan Malaka.

"Dalam Haul Akbar kali ini, mengundang seluruh pejabat yang ada di Kepri, baik pejabat pemerintah, instansi, tokoh masyarakat, pemuda dan pelajar serta seluruh masyarakat Bintan. Hal tersebut tidak terlepas agar suksesnya acara yang akan diselenggarakan," harapnya.

Lebih jauh Rohman menjelaskan, Haul Akbar II adalah tindaklanjut dari acara tahun sebelumnya yang diperkirakan sedikitnya akan dihadiri oleh sekitar 7000 jemaah dari berbagai daerah terutama masyarakat Bintan. Sehingga, seluruh elemen yang ada di Bintan, baik berupa organisasi keagamaan dan organisasi sosial, ikut dilibatkan.

"Dalam pelaksanaan acara ini, karena selain menghadirkan para ulama dari pusat dan luar negeri dan yangbakan hadir dengan jumlah besar. Kita mengajak seluruh elemen madyarakat baik organisasi keagamaan dan organisasi sosial, saling bahu membahu demi menyuksesnya bertaraf internasional ini," pungkasnya.

Editor: Dardani