Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Ini Rahasia Umur Panjang Penyu dan Kura-kura
Oleh : Redaksi
Kamis | 20-10-2016 | 14:02 WIB
kura-kura.gif Honda-Batam

Kura-kura raksasa di Taman Nasional Galapagos. (Foto: REUTERS/Galapagos National Park)

BATAMTODAY.COM, Galapagos - Penyu dan kura-kura adalah satwa yang bisa hidup sampai ratusan tahun. Bahkan ada kura-kura yang bisa hidup sampai 200 tahun. Beberapa kura-kura raksasa dan berumur panjang ada di Galapagos.

Di antara keluarga reptil, kura-kura dan penyu adalah spesies yang menikmati umur panjang. Apa rahasia mereka? Lihat yuk, seperti dilansir scienceabc.com:

Metabolisme lambat

Salah satu hipotesis yang dipercaya banyak orang, apa yang membuat kura-kura dan penyu bisa hidup lama adalah proses metabolisme mereka yang berjalan lambat. Metabolisme adalah proses konversi dari makanan yang dikonsumsi menjadi energi untuk memastikan kita tetap hidup.

Apa sebenarnya keuntungan dari proses metabolisme yang lambat ini? Memiliki proses metabolisme yang lambat berarti kura-kura akan membakar energi pada tingkat yang sangat lambat, di mana hal ini akan membuka peluang untuk berumur panjang.

Yang pertama, mereka dapat bertahan hidup lebih lama tanpa makanan. Itu karena makanan yang mereka proses membutuhkan waktu lama untuk diubah menjadi energi. Mereka juga hewan yang bergerak lambat dan juga santai, dan ini juga akan membutuhkan energi yang lebih sedikit.

Perlindungan dari predator

Ya kamu pasti tahu, kura-kura dan penyu memiliki tameng yang begitu kuat, yang melindungi hampir seluruh bagian tubuhnya. Ketika predator datang, kura-kura masuk dan berlindung di dalam tempurungnya. Tapi kura-kura yang masih bayi akan sangat rentan akan predator, itu karena tempurungnya belum cukup kuat melindungi mereka.

Selain bicara soal tempurung mereka, ada juga faktor lain yang membuat mengapa mereka dapat bertahan hidup lebih lama. Kura-kura terutama spesies pulau lebih memilih untuk tinggal di tempat yang tidak terdapat banyak predator. Setidaknya tidak ada yang akan menyerang mereka berkali-kali dan membuat hidup mereka sulit.

Pola hidup sehat

Sepertinya kura-kura juga memahami betapa pentingnya makanan sehat untuk kehidupan mereka. Adwaita, salah satu kura-kura yang berumur panjang di era modern ini, saat waktu makan hanya mengonsumsi selada, wotel, dedak gandum, roti, rumput, dan garam.

Selain itu kura-kura juga hewan yang menyukai kedamaian. Mereka berenang ke seluruh samudera, mengurus urusannya sendiri, tidak melakukan hal-hal keji seperti memburu hewan lain, mereka juga tidak mencoba untuk mencari musuh, menghindari membuat masalah, dan umumnya menjalani hidup bebas stres.  

Sumber: scienceabc.com
Editor: Udin