Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Angin Kencang, Waspadai Gelombang Tinggi

Hujan Lebat Disertai Petir Terjadi di Tanjungpinang dan Bintan Pagi Ini
Oleh : Charles Sitompul
Rabu | 19-10-2016 | 09:12 WIB
ilustrasi-hujan-petir3.jpg Honda-Batam

Ilustrasi hujan disertai angin kencang. (Foto: Ist)

BATAMTODAY.COM, Tanjungpinang - Hujan lebat disertai petri dan angin kencang dengan kecepatan 0,5 sampai 32 km per jam diperkirakan akan melanda Tanjungpinang dan Bintan pada pagi hari ini, Rabu (19/10/2016).

Gelombang tinggi yang mencapai 0,5 sampai 2 meter terjadi di perairan Bintan dan Lingga, serta Anambas dan Natuna juga perlu diwaspadai.

Prawakirawan Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geifisika Tanjungpinang, Bhakti Wirakusumah, mengatakan, berdasarkan pantauaan Citra Satelit BMKG, sejak pukul 06.50 Wib, sebagain wilayah Bintan dan Tanjungpinang telah dilanda hujan dengan intensitas sedang dan lebat disertai petir.

Hujan dengan intensitas sedang dan lebat disertai petir, sambungnya, terjadi di wilayah Tanjunguban, Lobam, Ekang Anculai, Lagoi, Bintan Bunyu, Lome dan sekitarnya.

"Kondisi ini diperkirakan akan bertahan hingga pukul 09.00 Wib, dan akan meluas ke wilayah Tembeling, Sebauk, Senggarang, Pulau Penyengat, dan Tanjungpinang bagian barat," ungkapnya.

Hujan dengan sekala riangan di wilayag Bintan dan Tanjungpinang, juga dapat terjadi hingga siang hari. Dan pada malam hari cuaca akan kembali cerah.

"Gelombang laut yang tinggi di perairan Bintan, Lingga serta Anambas dan Natuna, yang mencapai 0,5 sampai 2 meter, juga perlu diwasapadai, khususnya bagi transportasi laut dan nelayan," sebutnya.

Angin akan bertiup kencang dari selatan menuju barat daya dengan kecepatan 05 - 32 km/jam. Kondisi suhu berkisar antara 25-32 derajat celcius, dengan kelembapan dara 65 - 98 persen. BMKG juga mendeteksi, masih terdapat 74 titik hotspot api di daerah Sumatera. (*)

Editor: Dardani