Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Partai Politik Berkontribusi dalam Membangun Ekonomi Dunia
Oleh : Irawan
Minggu | 16-10-2016 | 13:00 WIB
Setnov3.jpg Honda-Batam

Ketua Umum Partai Golkar Setya Novanto.

BATAMTODAY.COM, Jakarta - Ketua Umum Partai Golkar Setya Novanto menegaskan, partai politik harus berkontribusi dalam pembangunan ekonomi dunia untuk menumbuhkan kesejahteraan rakyat.

Hal itu dikatakan Novanto saat menjadi pembicara dalam pertemuan yang dihadiri 70 partai politik dari 50 negara di Chongqing, Tiongkok, Sabtu (15/10/2016), membahas pentingnya peran partai politik dalam pembangunan ekonomi dunia.

Ketua Umum Partai Golkar ini juga memaparkan pentingnya peran kerja sama partai politik dalam pembangunan ekonomi dalam dunia menumbuhkan kesejahteraan rakyat.

Pembangunan ekonomi ditekankan pada pembangunan infrastruktur. Jika banyak infrastruktur yang dibangun, maka diharapkan sentra ekonomi baru akan tumbuh.

"Pembangunan infrastruktur akan membuka daerah dari keterbelakangan atau yang terisolasi. Dan inilah awal dari bangkitnya perekonomian di daerah tersebut," kata Novanto dalam rilis yang diterima di Jakarta, Sabtu (15/10/2016).

Dalam pertemuan tersebut, Setya Novanto mengapresiasi program One Belt One Road (OBOR) pemerintah Tiongkok yang merupakan Jalur Sutra abad 21.

Novanto menilai OBOR yang menitikberatkan pada pembangunan infrastruktur sangatlah relevan dengan pembangunan infrastruktur yang sedang digalakkan di tanah air oleh Presiden Jokowi.

"Saya berharap agar Tiongkok dapat terus meningkatkan investasinya di Indonesia, khususnya di bidang infrastruktur, manufaktur dan pariwisata," katanya.

Namun di sisi lain, Ketua Umum Partai Golkar ini juga menekankan agar kepentingan nasional Indonesia tidak terganggu atas investasi Tiongkok tersebut.

"Saya menawarkan kerja sama dan dukungan dalam pembangunan infrastruktur. Hal ini sejalan dengan program pemerintahan Jokowi yang sedang fokus dalam pembangunan ekonomi, khususnya bidang infrastruktur," katanya.

Mantan Ketua DPR RI itu mengatakan, penting bagi Indonesia dan Tiongkok untuk membangun kemitraan strategis yang dapat memberikan kontribusi positif dalam hubungan kedua negara.

Pasa kesempatan itu, Partai Golkar menyampaikan pesan agar tenaga kerja Indonesia dilibatkan dalam pembangunan infrastruktur.

"Walau bagaimanapun kita tetap harus memprioritaskan anak bangsa sendiri. Masuknya investor dari Tiongkok juga jangan sampai menganggu kepentingan nasional Indonesia," kata Novanto yang saat itu didampingi Tantowi Yahya (ketua bidang kebudayaan), Robert Kardinal (Bendahara Umum Golkar) dan Roemkono sebagai Ketua Kordinator Bidang Kesejahteraan Rakyat.

Editor: Surya