Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Rencana Pembangunan Gedung Baru DPR

Gedung DPR sudah Tua, Keselamatan Penghuninya Tak Dijamin
Oleh : Surya
Sabtu | 08-10-2016 | 12:04 WIB
GedungDPR.jpg Honda-Batam

Ade Komarudin Sebut Gedung DPR RI alasan pembangunan gedung baru. (Foto: net)

BATAMTODAY.COM, Denpasar - Ketua DPR RI, Ade Komarudin menegaskan bahwa adanya rencana pembangunan gedung baru DPR, yang dalam hal ini untuk menggantikan Gedung Nusantara I yang sudah berusia tua, adalah semata-mata demi keselamatan.

Menurut dia, fakta yang ada saat ini adalah, selain gedung tersebut berusia tua, penghuninya juga sudah jauh lebih banyak.

"Jadi usulan tersebut pertimbangannya adalah faktor keselamatan. Kita tidak mengada-ada," kata Ade dalam acara Press Gathering Wartawan DPR RI di Ramada Hotel, Denpasar, Jumat (7/10/2016).

Dijelaskan, sebagai gambaran saja gedung itu dirancang untuk kapasitas 600 orang. Tapi sekarang sudah diisi 3000 orang, jadi sangat bahaya.

"Bayangkan saja satu anggota punya lima staf penunjang kerja. Tapi kami menyadari bahwa kondisi keuangan negara sedang sulit, maka ya kami bisa menerima tidak bisa segera direalisasikan," katanya.

Menurut pria yang akrab dipanggil Kang Akom tersebut, kalangan DPR juga merasa bersyukur dengan telah dibangunnya museum tentang DPR, walaupun museum yang berlokasi di Gedung Kura-Kura, Komplek Parlemen, Senayan tersebut, masih sederhana saja. Begitu pula dengan adanya perpustakaan DPR, juga patut disyukuri walaupun belum ideal.

Editor: Yudha