Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Disdik Karimun Bentuk Karakter Anak dengan Muatan Lokal
Oleh : Nursali
Jum'at | 07-10-2016 | 17:26 WIB
Riauwati.gif Honda-Batam

Kepala Bidang Program Pendidikan Dasar dan Menengah Dinas Pendidikan Kabupaten Karimun, Riauwati (Foto: Nursali)

BATAMTODAY.COM, Karimun - Dinas Pendidikan Kabupaten Karimun dalam waktu dekat ini akan segera membentuk karakter anak yang mengenyam pendidikan di sekolah dasar (SD) maupun sekolah menengah pertama (SMP), melalui mata pelajaran yang akan segera diterapkan di sekolah-sekolah se-Kabupaten Karimun.

Kepala Bidang Program Pendidikan Dasar dan Menengah Dinas Pendidikan Kabupaten Karimun, Riauwati, mengatakan, pembentukan karakter anak nantinya akan diterapkan di masing-masing mata pelajaran di sekolah.

"Dengan begitu karakter anak akan terbentuk karena mendapat bimbingan dari orang yang tepat, dalam hal ini gurunya," kata Riauwati menanggapi BATAMTODAY.COM di ruang kerjanya, Jumat (7/10/2016).

Ia juga mengatakan, selain pembentukan karakter anak, pihaknya juga dalam waktu dekat akan menerapkan mata pelajaran muatan lokal yang berbeda dengan mata pelajaran yang sama, yang banyak ditemui di daerah-daerah daratan.

"Mata pelajaran muatan lokal ini lebih mengadopsi keanekaragaman budaya lokal," katanya lagi.

Dalam pelajaran yang akan diterapkan nantinya, para murid atau pelajar nantinya akan mempelajari seluruh kebudayaan-kebudayaan Kabupaten Karimun, yang digelar dengan sebutan Bumi Berazam ini.

"Mulai dari makanan khas, hingga tari-tarian akan dipelajari semuanya," ungkapnya.

Para murid dan pelajar nantinya juga akan diberikan pengetahuan tentang lingkungan sekitarnya, mulai dari lingkungan tempat murid/pelajar itu tinggal, hingga seluruh sumber daya alam dan sumber daya manusia yang terdapat di Kabupaten Maritim ini.

"Semua mata pelajaran ini diberikan tanpa mengenyampingkan mata pelajaran-mata pelajaran lainnya," pungkasnya.

Editor: Udin