Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Penantian Satu Dekade, The Rolling Stones Rilis Album "Blue & Lonesome"
Oleh : Redaksi
Jum'at | 07-10-2016 | 11:56 WIB
rollingstones1.jpg Honda-Batam

The Rolling Stones Rilis Album "Blue & Lonesome" (Foto: consequenceofsound/Jaime Fernandez)

BATAMTODAY.COM, BATAM - Lebih dari satu dekade band legendaris The Rolling Stones tidak menelurkan karya baru. Kini, sesuai janji gitaris Ronnie Wood, mereka akan merilis album pada akhir tahun. Baru saja diumumkan, album itu akan dirilis 2 Desember.

Wood, Mick Jagger, Charlie Watts, dan Keith Richards pun sudah mengumumkan judul untuk album barunya "Blue & Lonesome". Mengutip Ace Showbiz, itu adalah album pertama mereka setelah A Bigger Bang yang terakhir dirilis pada 2005 silam.

April lalu Wood sudah pernah menyinggung album itu. Kata Wood saat itu, "Album itu akan terasa sangat autentik. Kami telah bolak-balik selama dua hari ke studio untuk memilih 11 lagu yang akan dimasukan ke dalam album."

Di tahap final, album itu akhirnya berisi 12 lagu, yang direkam hanya selama tiga hari pada Desember tahun lalu. Rekaman dilakukan di British Grove Studios di bagian barat London. Proses penuntasannya lah yang memakan waktu.

Blue & Lonesome disebut-sebut akan mengembalikan band asal Inggris yang dibentuk 1960-an itu ke akar dan jiwa mereka, yakni musik blues. Beberapa lagu blues klasik dinyanyikan kembali oleh Jagger cs dalam album itu.

Di antaranya lagu milik Little Walter, Magic Sam, Little Johnny Taylor, dan Willie Dixon. Tentu saja dengan kejutan aransemen yang sudah diubah.

Ko-produser album itu, Don Was mengatakan, "Album ini surat wasiat yang terang untuk kemurnian cinta mereka membuat musik. Dan musik blues adalah, bagi The Rolling Stones, sumber mata air bagi apa pun yang mereka lakukan."

Sebelumnya Wood menyampaikan soal album baru itu di pembukaan pameran perjalanan setengah abad The Rolling Stones di Saatchi Gallery, London. Namun saat itu ia menuturkan, band-nya tidak terburu-buru mengerjakan album itu.

"Direncanakan tahun ini," hanya itu yang ia ungkapkan.

Meski rencana perilisan album telah jelas, belum ada pengumuman apa pun soal konser maupun promosi yang mungkin akan mereka lakukan untuk album itu.

Sumber: CNN Indonesia
Editor: Yudha