Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Dukung Pekanbaru Menuju Smart City

Masyarakat Pekanbaru Kini Bisa Bayar PBB melalui E-Channel BNI
Oleh : Roni Ginting
Jum'at | 07-10-2016 | 09:14 WIB
penandatanganankerjasamae-PBB.jpg Honda-Batam

Ronny Venir, Pemimpin BNI wilayah Sumbar-Riau-Kepri (dua kanan) seusai penandatanganan kerjasama e-PBB. (Foto: Ist)

 

 

BATAMTODAY.COM, Pekanbaru - PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk Wilayah Sumbar-Riau-Kepri launching pembayaran PBB melalui E-Channel BNI dalam rangka mendukung terciptanya Pekanbaru sebagai Smart City.

 

Smart City kini mulai diterapkan di berbagai kota besar di Indonesia. Konsep ini diyakini dapat menyelesaikan berbagai permasalahan perkotaan. Menjadikan masyarakat yang cerdas dengan kehidupan berkualitas, didukung tekhnologi informasi yang handal akan membuat hidup lebih mudah dan nyaman.

Konsep Smart City yang menggabungkan aspek smart living, smart governance, smart people, smart environment, smart mobility dan smart economi adalah cermin tatanan kota yang ideal yang meningkatkan keseimbangan secara berkelanjutan.

Sebagai wujud komitmen BNI dalam mendukung pengelolaan keuangan Pemko Pekanbaru menuju terciptanya smart city yang madani, diluncurkan layanan fasilitas penerimaan pajak daerah e-PBB di Pekanbaru, Selasa (4/10/2016) di Kantor Camat Payung Sekaki Jl. Fajar Ujung No. 56.

Pembayaran e-PBB kini dapat dilaksanakan melalui e-channel Anjungan Tunai Mandiri (ATM) BNI dan segera dapat dilaksanakan melalui e-channel lainnya seperti Mobile banking, SMS Banking dan Internet Banking.

Launching pembayaran e-PBB tersebut dihadiri Walikota Pekanbaru, DR H Firdaus ST MT dan Ronny Venir, Pemimpin BNI Kantor Wilayah Sumbar-Riau-Kepri.

Dalam acara tersebut, Ronny Venir menyatakan bahwa BNI sebagai salah satu bank besar yang lahir dari tetes keringat perjuangan bangsa Indonesia, selalu berkomitmen untuk memberikan dan memenuhi kebutuhan masyarakat akan jasa dan layanan perbankan di berbagai bidang. Termasuk kerjasama perbankan dengan instansi pemerintahan dan mendukung terciptanya konsep Smart City dengan berbagai produk dan jasa yang dimiliki.

Sedangkan Walikota Pekanbaru, Firdaus menyambut antusias launching pembayaran e-PBB tersebut. Ia menyatakan, untuk mencapai impian sebagai Smart City maka harus memenuhi beberapa kriteria terlebih dahulu yaitu smart government, smart people, smart economy, smart environment, smart living dan terakhir smart mobility.

Melalui smart government maka seluruh jajaran pemerintahan mulai dari Kepala RT sampai presiden RI harus menjadi bagian terdepan dan tercepat dalam melayani masyarakat. Smart government inilah yang akan mendorong tercapainya ke-5 smart lainnya sehingga impian kita bersama menjadi smart city yang madani bisa tercapai.

"Dalam rangka menjadi Smart City tersebut, Pemko juga akan mendorong realisasi agen BNI 46 di 700 RW sebagai bagian layanan pemerintah agar bisa memberikan pelayanan yang lebih dekat kepada masyarakat," ujar Firdaus di akhir sambutannya.

Selain melalui ATM BNI, pembayaran e-PBB juga akan segara dapat dilaksanakan melalui e-channel lain di ATM BNI seperti mobile banking, SMS banking dan internet banking. Dalam mendukung pengelolaan keuangan Pemda secara total, BNI juga akan mengembangkan teknologi pembayaran bagi 11 PAD Pemerintah Kota Pekanbaru lainnya seperti pajak hotel, pajak restoran, pajak reklame, pajak hiburan, pajak penerangan jalan umum, pajak galian C, pajak parkir, pajak air bawah tanah, pajak sarang burung walet, BPHTB, serta penerimaan retribusi.

Selain itu, untuk menjangkau masyarakat hingga ke pelosok termasuk memberikan kemudahan pelaksanaan pembayaran pajak yang jauh dari akses perbankan, BNI akan memberdayakan agen BNI 46 yang akan dibuka di 700 RW se-Kota Pekanbaru yang berfungsi sebagai kepanjangan tangan BNI dalam melakukan transaksi Perbankan.
Saat ini total agen BNI 46 seluruh Indonesia mencapai 20.000 agen yang tersebar diberbagai pelosok Indonesia.

Khusus di wilayah Sumbar-Riau-Kepri sendiri sudah tersebar 1.174 agen yang juga tersebar di Pekanbaru. Melalui kerjasama agen BNI 46 di 700 RW ini, membantu perekonomian masyarakat dengan membuka lapangan usaha sebagai agen.

BNI juga diharapkan semakin dekat dengan masyarakat sebagai bentuk layanan Keuangan Tanpa Kantor dalam rangka Keuangan Inklusif. Sehingga untuk melakukan transaksi perbankan seperti pembukaan rekening Tabungan Pandai, penyetoran, pengambilan uang dan layanan keuangan digital lainnya, masyarakat cukup datang ke Agen BNI46 tanpa harus ke Kantor Cabang BNI.

Editor: Dardani