Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Pawai Kapal Hias dan Pawai Mobil Hias di Tanjungpinang Pecahkan Rekor Muri
Oleh : Charles Sitompul
Kamis | 06-10-2016 | 12:05 WIB
PawaiKapal.jpg Honda-Batam

Pawai Kapal Hias di Tanjungpinang

BATAMTODAY.COM, Tanjungpinang - Dua kegiatan Festival Bahari Kepri (FBK) dalam Rangka Sail Selat Karimata (SSK) yang betujuan menjadikan Kepri sebagai Gerbang Wisata Bahari Indonesia (GWBI) masuk Museum Rekor-Dunia Indonesia (MURI).

Dua kegiatan Festival Bahari Kepri yang akan ditaja pemerintah Kota Tanjungpinang dan dicatat dalam Museum Rekor Dunia Indonesia itu adalah, Pawai Kapal Hias Dengan Peserta Terbanyak dan Pawai Mobil Hias dengan jumlah Terbanyak.

Kendati sampai saat ini, Dinas Pariwisata kota Tanjungpinang belum menetapkan, berapa jumlah peserta Pawai Kapal Hias dan Pawai Mobil Hias tersebut, Namun kepala Dinas pariwisata dan Kebudayaan Kota Tanjungpinang, Juramadi Esram mengatakan, akan dinilai dan dicatat oleh Pihak MURI nantinya.  
   
"Untuk Penilaian, Pihak MURI nantinya yang akan melakukan, dan sejumlah persyaratan Teknis dalam pengajuaan Rekor MURI ini sedang  kami persiapkan,"Ujarnya.

Rencananya tambah Juramadi, kedua rekor MURI tersebut akan diserahkan oleh pihak MURI pada, acara puncak FBK di Gedung Gonggong 29 Oktober 2016. Teknis nanti bagaimana, akan dibicarakan dalam rapat antara Pemprov Kepri dengan Pemko Tanjungpinang.

Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kota Tanjungpinang, Juramadi Esram mengatakan, penyerahan rekor MURI ini, akan memberikan nilai tambah dalam pelaksanaan FBK dan sejarah dalam pengembangan pariwisata di Kepri. Sebab Rekor ini diberikan saat pencanangan Kepri sebagai Gerbang Wisata Bahari Indonesia.

"Bagi Tanjungpinang ini punya sejarah tersendiri karena bersamaan dengan peresmian Gedung Gonggong yang akan dijadikan icon wisata Tanjungpinang," ujarnya.

Esram mengatakan, Wakil Presiden Jusuf Kalla dan sejumlah menteri dalam kabinet kerja Jokowi-Jusuf Kalla yakni Menteri Koordinator Maritim, Luhut Binsar Penjaitan, Menteri Kelautan dan Perikanan, Susi Pudjiastuti dan Menteri Pariwisata Arief Yahya serta 25 duta besar dari negara sahabat.

Dirinya kata Esram sudah menugaskan Kasi Promosi Wista Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kota Tanjungpinang Maswito untuk mengurus rekor MURI tersebut.

"Untuk lebih jelasnya, silahkan tanya dengannya," harapnya.

Sementara itu, menurut Maswito, rekor MURI katagori Pawai Kapal Hias dengan rekor peserta terbanyak akan diserahkan kepada Gubernur Kepri Nurdin Basirun.  

"Sedangkan pawai mobil hias dengan peserta terbanyak akan diserahkan kepada Wali Kota Tanjungpinang, Lis Darmansyah," ujarnya.

Editor: Yudha