Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Waspadai Petir dan Angin Kencang

Pagi Hingga Siang, Tanjungpinang dan Bintan Dilanda Hujan
Oleh : Charles Sitompul
Kamis | 06-10-2016 | 09:29 WIB
ilustrasi-hujan-petir2.jpg Honda-Batam

Ilustrasi hujan. (Foto: ist)

BATAMTODAY.COM,Tanjungpinang - BMKG Tanjungpinang memprediksi, kota Tanjungpinang dan Bintan sekitarnya, akan dilanda Hujan Ringan dan sedang, sejak pagi hingga Siang hari. Sedangkan pada Sore dan Petang cuaca kota Tanjungpinang-Bintan ‎berawan.

Kepala BMKG Tanjungpinang Dhira Utama mengatakan, update cuaca pada Kamis (6/10/2016) pukul 08.30 Wib, berdasarkan Citra Catelit, wilayah Bintan dan sekitarnya telah terjadi hujan dengan intensitas sedang dan lebat disertai petir yang terjadi hampir merata di wilayah Bintan.

"Kondisi ini akan berlangsung dalam waktu yang cukup lama hingga siang hari," ujarnya, Kamis (6/10/2016).

Adanya tekanan rendah di wilayah barat Sumatera, menjadi sumber pembentukan massa udara yang berpotensi terdorong ke wilayah Kepri. Hal itu didukung dengan pemanasan yang kuat menjadikan potensi pembentukan awan dan hujan di wilayah Bintan dan Tanjungpinang pada pagi hingga siang.

Angin akan berhembus dari ‎tenggara menuju barat dengan kecepatan 05-25 kilo meter per jam. Suhu akan berkisar antara 25 sampai dengan 32 derajat celcius, dengan kelembapan udara, 65-96 persen.

Ketinggian gelombang‎ di wilayah perairan Tanjungpinang, Batam, Bintan, Lingga, Natuna dan Anambas berkisar antara 0,2-0,5 meter sampai 0,5-1,3 meter.

"Perlu juga diwaspadai terjadinya awan CB (Cumulonimbus) yang dapat menyebabkan hujan lebat disertai angin kencang dan petir serta ketinggian gelombang laut," sebutnya.

‎Berdasarkan Satelit Terra Aqua, BMKG juga memantau sebanyak 15 titik hotspot api terpantau di Sumatera dan 54 titik api di Kalimantan.

Editor: Dardani