Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Tak Ada Pertunjukan Alutsista pada Peringatan HUT TNI ke-71
Oleh : Redaksi
Senin | 03-10-2016 | 12:47 WIB
HUTTNI.jpg Honda-Batam

Masyarakat menyaksikan pertunjukan alutsista pada peringatan hari jadi TNI ke-70 di Cilegon, Banten, tahun 2015. (Foto: CNN Indonesia/Safir Makki)

BATAMTODAY.COM, Jakarta - Tentara Nasional Indonesia tidak akan menampilkan parade alat utama sistem persenjataan pada peringatan hari lahir ke-71 mereka pada 5 Oktober mendatang. Alasannya, tahun ini TNI tidak memiliki persenjataan baru.

Panglima TNI Jenderal Gatot Nurmantyo menuturkan, demonstrasi alutsista akan dilaksanakan pada perayaan HUT TNI tahun depan.

"Pada 2015 kami sudah tunjukkan semua alusista yang ada, yang terbaru. Sekarang belum ada yang baru, belum datang lagi. Tahun 2017 yang baru akan datang," ujarnya di Jakarta, Minggu (2/10).

Gatot mengatakan, tahun ini lembaganya memang tidak akan menggelar perayaan hari jadi TNI semeriah tahun lalu. Menurutnya, upacara hari lahir TNI bakal terlaksana secara sederhana namun tetap khidmat.

"Nanti tidak dilakukan besar-besaran, karena kondisi bangsa seperti ini. Indonesia sedang membangun," kata Gatot.

Tahun 2015, TNI memperingati hari ulang tahun mereka di Pantai Indah Kiat, Cilegon, Banten. Kala itu, seluruh alutsista terbaik dipertunjukkan ke publik.

TNI AU misalnya, melakukan demonstrasi operasi udara flypast, aerobatik, SAR tempur, dan penarikan banner.

Pada operasi itu, enam pesawat F-16 Fighting Falcon, enam Sukhoi Su-27 dan Su-30, serta empat pesawat T-50i Golden Eagle mendemonstrasikan serangan udara strategis.

Sumber: CNN Indonesia
Editor: Yudha