Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Pemkab Lingga akan Bagikan Bawang Hibah Kanwil DJBC Kepri ke Masyarakat Secara Gratis
Oleh : Nur Jali
Rabu | 28-09-2016 | 18:50 WIB
Pemkab-Lingga-terima-Hibah-bawang-dari-BC.gif Honda-Batam

Kepala Dinas Perindustrian, Perdagangan dan Koperasi Kabupaten Lingga, Muzammil Ismail menerimahibah bawang merah dari Kanwil DJBC khusus Kepri (Sumber foto: tribunnews.com)

BATAMTODAY.COM, Dabosingkep - Kabupaten Lingga mendapat hibah 1.332 karung atau sekitar 10,3 ton bawang merah dari Kantor Wilayah Direktorat Jendral Bea dan Cukai (Kanwil DJBC) khusus Kepri di Karimun, yang diterima langsung oleh Kepala Dinas Perindusterian, Perdagangan dan Koperasi bersama staf khusus Bupati Lingga.

Kepala Dinas Perindustrian, Perdagangan dan Koperasi Kabupaten Lingga, Muzammil Ismail, saat dihubungi BATAMTODAY.COM mengatakan, bawang merah tersebut akan diberikan secara cuma-cuma kepada masyarakat miskin yang kurang mampu, khususnya di desa-desa yang ada di Kabupaten Lingga.

"Tadi pagi sekitar pukul 10.00 Wib, kita terima bawang tersebut, dan besok akan kita bawa dari Karimun dan langsung kita distribusikan," kata Muzammil saat berada di Kabupaten Karimun, Rabu (28/9/16).

Bawang merupakan bumbu dapur yang sangat dibutuhkan oleh masyarakat. Saat ini harga bawang merah di Pasar Dabosingkep sendiri mencapai Rp40 ribu per kilogramnya. Sementara bawang yang dihibahkan oleh Bea cukai ini, akan dibagikan secara cuma-cuma kepada masyarakat.

"Akan kita bagikan secepatnya secara cuma-cuma kepada masyarakat, karena bawang ini cepat busuk," ujarnya.

Semua anggaran operasional akan ditanggung oleh Pemkab Lingga, dan pembagian bawang ini nanti juga akan melibatkan Kepala Desa. "Akan dibagikan kepada rumah tangga miskin, sesuai data dari desa," sebutnya.

Sementara itu, mengenai kebutuhan lainnya seperti beras dan kasur untuk kebutuhan Rumah Sakit, saat ini juga ditawarkan oleh Bea Cukai Kepri. Dan pemerintah Kabupaten Lingga saat ini sedang mengupayakan agar hibah tersebut dapat digunakan bagi masyarakat Kabupaten Lingga.

"Tadi kita juga ditawarkan beras, sekitar 20 ton dan tempat tidur," kata Rudi Purwonugroho saat bersama Kadisperindagkop Lingga.

Untuk tempat tidur atau kasur tersebut, rencananya akan diserahkan kepada Dinas Kesehatan Kabupaten Lingga. "Kita koordinasi dengan Dinkes dulu, apakah tempat tidur ini layak atau tidak digunakan," jelasnya.

Barang-barang hibah dari Bea Cukai tersebut merupakan hasil tangkapan dari Kanwil DJBC Karimun dalam beberapa kali operasi penangkapan penyeludupan di perairan Kepri.

Editor: Udin