Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Sergap Pesawat Cina, Jepang Kerahkan Pesawat Tempur
Oleh : Redaksi
Selasa | 27-09-2016 | 09:26 WIB
china_planesbyap.jpg Honda-Batam

Sebagian dari 40 pesawat yang dikatakan oleh Cina terlibat dalam latihan rutin tetapi membuat marah Jepang. (Foto:

 

BATAMTODAY.COM, Tokyo - Pemerintah Jepang mengatakan sejumlah pesawat tempur dikerahkan untuk operasi reaksi cepat pada hari Minggu (25/09) setelah pesawat-pesawat militer Cina terbang di antara pulau-pulau Jepang.

 

Pesawat-pesawat Cina itu diperkirakan meliputi pesawat pengebom, pesawat pengintai dan pesawat tempur yang terbang di atas Selat Miyako, antara Okinawa dan Miyakojima.

Menurut otorita Cina, sekitar 40 pesawatnya terlibat dalam kegiatan yang disebut sebagai latihan rutin. Pesawat-pesawat Cina tersebut tidak sampai masuk ke wilayah udara Jepang, namun langkah itu dianggap sebagai unjuk kekuatan Cina.

"Pemerintah Jepang terus mengawasi aktivitas militer Cina, yang cenderung meluas dan lebih aktif, sementara kita melakukan kegiatan pengintaian," kata Menteri Sekretaris Negara Yoshihide Suga dalam konferensi pers di Tokyo pada Senin (26/09).

Selat Miyako merupakan wilayah penting dengan panjang 250 km di selatan Okinawa dan dekat dengan Taiwan.

Lokasinya juga dekat dengan gugusan pulau di Laut Cina Selatan yang sama-sama diklaim oleh Jepang dan Cina. Jepang, yang menguasai kepulauan itu, menyebutnya sebagai Senkaku, sedangkan Cina menyebutnya Kepulauan Diaoyu.

Sumber: BBC Indonesia
Editor: Dardani