Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Roboh Dihantam Puting Beliung

BPBD Ajukan Proposal ke Provinsi Talangi Perbaikan Jembatan Marok Tua
Oleh : Nurjali
Jum'at | 23-09-2016 | 15:55 WIB
marok-tua1.jpg Honda-Batam

Jembatan Marok Tua yang roboh dihantam puting beliung beberapa waktu lalu.

BATAMTODAY.COM, Dabosingkep - Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Lingga kunjungi Desa Marok tua untuk memantau kondisi jembatan yang roboh akibat diterjang angin puting beliung beberapa waktu lalu.

Setelah mengunjungi lokasi tersebut Kepala BPBD Kabupaten Lingga Abdul Khatab mengatakan, saat ini kondisi keuangan Kabupaten Lingga tidak memungkinkan untuk merehab jembatan tersebut dengan segera.

"Kita tetap upayakan, tapi mungkin dari pos lain, kalau APBD saat ini lagi kritis," kata Abdul Khatab Ketua BPBD Kabupaten Lingga saat dikonfirmasi, Jumat (23/9/16).

Salah satu langkah yang dilakukan oleh BPBD Kabupaten Lingga adalah berkoordinasi dengan BPBD Provinsi Kepri, khususnya di pos bantuan sosialnya untuk penanganan awal. "Saya sudah ajukan ke Sekda, Pemkab nanti akan mengajukan proposal ke Pemprov kepri," ujarnya.

Pos Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) sendiri saat ini tidak mencukupi jika harus melakukan rehab awal jembatan tersebut. "Untuk rehab awal mungkin lewat provinsi," ujarnya.

BPBD hanya untuk penanggulangan awal, tapi untuk pembangunan selanjutnya akan di tangani oleh Dinas terkait.

Sementara Kepala Desa Marok Tua Safarudin mengatakan, selain menuggu bantuan dari Pemerintah Kabupaten Lingga ataupun Provinsi Kepri, pihaknya juga mengupayakan perbaikan jembatan dari Dana Desa dan DKTM jika dimungkinkan.

"Kemarin saya konsultasi dengan Ketua Komisi I, mencari solusi untuk rehab awal, apa bisa lewat DD atau DKTM. Tapi kita masih akan carikan solusi yang paling pas agar tak ada masalah ke depannya," kata Safarudin.

Editor: Dardani