Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Samsung Pay Mungkinkan Pembayaran Melalui Selaput Mata
Oleh : Redaksi
Kamis | 22-09-2016 | 11:05 WIB
samsung.jpg Honda-Batam

Samsung Pay Mungkinkan Pengguna Bayar Pakai Mata Samsung Galaxy Note 7 dilengkapi fitur pemindai selaput mata. (CNN Indonesia/Djonet Sugiarto)

BATAMTODAY.COM, Batam - Layanan Samsung Pay yang telah dirilis di sejumlah negara kini mengalami peningkatan. Pembayaran mobile itu sekarang mendukung pemindai selaput pelangi mata (iris scanner).

Tersedianya iris scanner atau pemindai selaput pelangi mata di layanan Samsung Pay versi 2.3 memang berawal dari produk Galaxy Note 7 yang telah dilengkapi fitur tersebut.

Cara kerja pembayaran melalui selaput pelangi mata sama seperti pengguna melakukannya dengan pemindai sidik jari (fingerprint scanner).

Mengutip situs Wired, setelah membeli barang dari ponsel pintar via aplikasi Samsung Pay, pengguna akan diberi pilihan untuk mengotentifikasi pembayaran dengan sensor sidik jari atau selaput pelangi mata.

Samsung kepada portal Mashable mengatakan, tiap perangkat hanya bisa diprogram untuk mengenali sepasang mata saja.

Perusahaan Korea Selatan itu juga mengklaim sensor selaput pelangi mata itu tidak mungkin dikelabui oleh gambar atau foto.

Samsung Pay telah meluncur di Singapura pada 16 Juni kemarin, sebelumnya layanan serupa sudah lebih dulu hadir di Korea Selatan dan Amerika Serikat sejak 2015, diikuti sejumlah negara lain.

Belum diketahui kapan Samsung Pay akan mendarat di Indonesia. Pihak Samsung Indonesia kerap mengatakan bahwa Indonesia masih harus menguatkan ekosistemnya, mulai dari persiapan perbankan, edukasi ke masyarakat, serta kesediaan para merchant.

Hingga saat ini Samsung telah merilis beberapa perangkat yang mendukung layanan Samsung Pay, di antaranya adalah Galaxy Note 5, Galaxy S6, Galaxy S6 Edge+, Galaxy S7, dan S7 Edge.

Layaknya Android Pay, Samsung Pay memanfaatkan teknologi Near Field Communication (NFC) yang ada pada ponsel untuk melakukan transaksi pembayaran.

Dengan memanfaatkan NFC, pengguna tak perlu lagi menggunakan uang tunai saat membeli barang, melainkan cukup menempelkan ponsel pada alat pembayaran.

Sumber: CNN Indonesia
Editor: Yudha