Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Bom Bunuh Diri di Masjid, 23 Tewas!
Oleh : Redaksi
Sabtu | 17-09-2016 | 09:50 WIB
quettabyap.jpg Honda-Batam

Aksi demo menolak pemboman. (Foto: BBC)

BATAMTODAY.COM, Islamabad - Seorang pengebom bunuh diri di sebuah masjid di Pakistan barat daya menewaskan sedikitnya 23 orang dan puluhan lainnya cedera.

 

Pihak berwenang mengatakan sholat Jumat 16 September sedang berlangsung di Butmaina, dekat perbatasan dengan Afghanistan, ketika seorang pengebom bunuh diri memekik Allahu Akbar dan meledakkan dirinya.

Beberapa yang menderita cedera dilaporkan dalam kondisi kritis. Seorang warga, yang sholat di masjid lainnya, mendengar ledakan keras ketika sedang dalam perjalanan pulang.

"Saya segera berlari ke tempat kejadian, masuk ke dalam, dan darah maupun potongan tubuh manusia ada di mana-mana," tutur Shireen Zada kepada kantor berita AFP.

Kantor Perdana Menteri, Nawaz Sharif, mengecam pengeboman terbaru ini dan menegaskan pemerintah akan tetap kukuh menghadapi ekstrimisme.

"Serangan pengecut oleh para teroris tidak akan memusnahkan upaya pemerintah dalam membasmi terorisme di negara ini."
Belum ada kelompok yang mengaku bertanggung jawab atas serangan tersebut namun beberapa serangan sebelumnya diakui dilaksanakan oleh kelompok Taliban Pakistan.

Tanggal 2 September lalu, 14 orang tewas dan 50 lebih cedera akibat pengebom bunuh diri di ruang pengadilan kota Mardan, dengan sasaran para pekerja hukum.

Serangan itu diakui oleh kelompok Jamaat-ul-Ahrar, yang merupakan faksi dalam Taliban Pakistan. Mereka juga mengatakan berada di belakang serangan pada pekan pertama Agustus di Quetta, yang menewaskan 73 orang.

Sumber: VOA Indonesia
Editor: Dardani