Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Sail Selat Karimata 2016 Momen Tepat Perkenalkan Kepri ke Dunia Luas
Oleh : Charles Sitompul
Kamis | 15-09-2016 | 17:58 WIB
nurdin-di-menko-maritim2.jpg Honda-Batam

Gubernur Nurdin saat Rapat Koordinasi Sail Selat Karimata 2016 di Kantor Kemenko Maritim Jakarta, Rabu (14/9/2016).

BATAMTODAY.COM, Jakarta - Gubernur H. Nurdin Basirun mengatakan Festival Bahari Kepri (FBK), yang merupakan rangkaian Sail Selat Karimata 2016, menjadi momen paling pas untuk memperkenalkan pariwisata Kepri ke dunia luas. Terlebih lagi potensi pariwisata bahari di seluruh wilayah Kepri.

"Dengan semakin dikenal wisatawan dunia, kami yakin ke depan mereka yang datang akan semakin ramai," kata Gubernur Nurdin saat Rapat Koordinasi Sail Selat Karimata 2016 di Kantor Kemenko Maritim Jakarta, Rabu (14/9/2016).

Rapat ini dipimpin langsung Menko Maritim Luhut Binsar Panjaitan, yang didampingi Menteri Pariwisata Arief Yahya. Rapat juga dihadiri Gubernur Kalimantan Barata Cornelius. Sementara dari Kepri hadir juga Kadis Pariwisata Kepri Guntur Sakti dan Sekretaris Kota Tanjungpinang Riono.

Gubernur Nurdin mengatakan, persiapan-persiapan terus dilakukan untuk festival yang dilaksanakan pada 20-30 Oktober 2016 ini. Puncak Festival Bahari Kepri pada 29 Oktober 2016, rencananya akan dihadiri Presiden atau Wakil Presiden.

Rangkaian kegiatannya dimulai dengan Eco Heroes, Dragon Boat Race, Festival Gurindam dan Drumband, Panggung Penyair, Wonderful Indonesia Sailing, Wonderful Kepri Expo, The Sound From Motherland of Malay, Seminar Wisata Bahari, Kepri Carnival, Kepri Traditional and Modern Games, Festival Sungai Carang, Sky Lantern dan Festival Drone.

Gubernur Kepri Nurdin Basirun juga optimis sektor pariwisata akan tumbuh dan menjadi magnet lain penggerak perekonomian Kepri, selain industri yang sudah ada selama ini. Apalagi Kepri menjadi salah satu tiga besar masuknya wisatawan asing ke Indonesia.

Untuk menyemarakkan Festival Bahari Kepri, kata Nurdin, pihaknya beberapa sudah mengajak yatcher Singapura menjelajah wilayah Kepri. Untuk mendatangkan sejumlah yatcher, Ketua Panitia FBK Kepri sudah melakukan penandatangan nota kesepahaman dengan Singapura Power Boat Assosiation (SPBA).

Salah satu point penting dalam MoU itu adalah SPBA akan secara aktif mendorong anggotanya untuk ikut serta dalam Festival Bahari Kepri, yang merupakan rangkaian Sail Selat Karimata 2016. "Mereka yang hadir akan menyaksikan sejumlah persembahan spektakuler yang mengejutkan," kata Nurdin.

Menko Luhut menyambut baik iven yang akan dilaksanakan di Kepri. Menurut Luhut, bisa banyak yang dikembangkan untuk kepariwisataan Kepri. "Potensinya banyak. Mereka bisa bawa kapal ke Batam dan Bintan," kata Luhut.

Huhut menegaskan pariwisata harus ditangani dengan profesional. "Pariwisata paling cepat revenue dengan cost yang rendah," kata Luhut.

Soal persiapan untuk event ini, Luhut melihat Kepri sudah lebih bagus.

Editor: Udin