Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Tekan Aksi Balap Liar, Satlantas Polres Tanjungpinang akan Bikin Garis Kejut
Oleh : Roland Aritonang
Rabu | 14-09-2016 | 08:12 WIB
kasatlantastpi.jpg Honda-Batam

‎Kepala Satuan Lalulintas (Kasatlantas) Polres Tanjungpinang AKP Bobby Mochamad Zulfikar. (Foto: Roland Aritonang)

BATAMTODAY.COM, Tanjungpinang - Maraknya aksi balap liar dan meningkatnya angka kecelakaan lalu lintas yang terjadi di Kota Tanjungpinang, Satlantas Polres Tanjungpinang akan membuat program yang disebut garis kejut yang akan dibangun di Jalan Basuki Rahmat Kota Tanjungpinang.

‎Kepala Satuan Lalu Lintas (Kasat Lantas) Polres Tanjungpinang AKP Bobby Mochamad Zulfikar mengatakan, ini merupakan program yang akan dilaksanakan dalam waktu dekat ini. Program ini salah satu bentuknya adalah upaya untuk menekan angka kecelakaan sekaligus mengurangi maraknya aksi balap liar.

"Mengapa kita memilih Jalan Basuki Rahmat sebagai jalan yang kita buat garis kejut, karena jalan ini lebar dan mulus. Sehingga pengendara yang melintas jalan tersebut dengan kecepatan di atas batas normal," ujar Bobby saat ditemui Mapolres Tanjungpinang, Selasa (13/9/2016)

Bobby menjelaskan, ‎dalam pencegahan laka lantas kita mengenal black spot atau titik rawan kecelakaan dan juga mengenal black link atau jalur yang rawan kecelakaan. Sehingga, dengan adanya program Garis Kejut, pengendara tentu akan mengurangi kecepatan di jalur itu.

Mantan Wakasat Lantas Polres Balerang ini menambahkan, garis kejut ini dibuat dengan alasan jalan tersebut sering digunakan untuk arena balap liar oleh para remaja.

‎"Kita ketahui balap liar itu sangat berbahaya apalagi kebanyakan yang melakukan aksi tersebut anak muda, karena bisa menghilangkan nyawa mereka sendiri dan dengan adanya garis kejut ini maka jalan itu tidak menjadi arena balap liar," katanya

‎Menurutnya, program ini aka segera dilaksanakan dan nantinya dirinya akan berencana membuat program lainya agar seluruh pengguna jalan raya di Kota Tanjungpinang merasah lebih taat dan lebih mematuhi peraturan lalu lintas.

"Kalau program ini masih dalam penyusunan terkait dengan nama program masih kita rahasiakan, tetapi program ini lain dari pada yang lain dimana petugas dari pihak kami akan berikan reward kepada pengendara yang taat lalulintas," paparnya lagi.

Sementara itu, untuk pihaknya sendiri atau internal Bobby mengatakan , dirinya bersama-sama dengan anggotanya akan memberikan dan meningkatkan pelayanan kepada Masyarkat Kota Tanjungpinang.

"Terkait dengan pengurusan dan pelayanan SIM, STNK, dan Unit Laka ‎akan kita tertibkan supaya perosesnya cepat, karena kemungkinan banyak warga yang mengeluh proses pembuatannya lama," pungkas Bobby.

Editor: Dardani