Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Ini Hasil Uji Labfor Penyebab Kebakaran Gudang Material Bangunan di Tanjungpinang
Oleh : Roland Aritonang
Sabtu | 10-09-2016 | 16:14 WIB
kapolresjoko.jpg Honda-Batam

Kapolres Tanjungpinang AKBP Joko Bintoro. (Foto: Batamtoday.com)

BATAMTODAY.COM, Tanjungpinang - Kapolres Tanjungpinang AKBP Joko Bintoro mengungkapkan, dari hasil uji laboratorium forensik (Labfor) Polri di Medan, penyebab kebakaran gudang material bangunan yang terdapat di Jalan DI Panjaitan KM 7 Tanjungpinang, RT 05 RW 08 Kelurahan Melayu Kota Piring, Rabu (7/9/2016) dini, adalah korsleting listrik.

"Korseleting arus listrik yang terdapat pada stop kontak listrik atau colokan yang tidak dapat menahan arus listrik sehingga stop kontak itu kebakar," ujar Joko Bintoro yang didampingi Kasat Reskrim AKP Andri Kurniawan di Mapolres Tanjungpinang, Sabtu (10/9/2016).

Jo‎ko menjelaskan, terkait dengan sejumlah saksi di tempat kejadian yang mengetahui kebakaran itu, seperti ledakan kecil yang menyerupai suara petasan yang diketahui berasal dari gudang itu, hanya gelas-gelas yang terkena api sehingga dari rongga udara gelas tersebut mengeluarkan letupan.

"Bunyi-bunyi letupan seperti petasan itu berasal dari gelas kaca yang ada di dalam gudang," ungkapnya

Baca Juga: Gudang Material Bangunan di KM 7 Tanjungpinang Habis Dilalap Si Jago Merah

Menurutnya, akibat kejadian tersebut pihak Polres Tanjungpinang belum mengetahui kerugian yang dialami oleh pemilik gudang, dikarenakan belum mendapat laporan dari Tim Labfor Medan dan masih dilakukan penyidikan.

"Laporan selengkapnya terkait kerugian, kita masih tunggu dari pihak Labor Medan," pungkasnya

Sebelumnya diketahui, Gudang Material Bangunan milik Jo‎ni (40) terbakar yang terdapat di RT 05 RW 08 Kelurahan Melayu Kota Piring Kecamatan Tanjungpinang Timur di Jalan DI Panjaitan KM 7 tepatnya di belakang Warnet Hembas, Rabu(7/9/2016)sekitar Pukul 03:40 WIB. Dimana kebakaran gudang seluas satu hektar ini,sempat menggerkan warga setempat.

Menurut informasi di lapangan, Pendi Perdana Penjaga Gudang tersebut mengatakan pada saat kejadian tersebut penjaga dan pemilik gudang tidak berada ditempat. ‎Dirinya mendapat informasi kebakaran dari tetangganya kemudian dia membeberitahu kepada pemilik gudang atau bosnya yang tinggal di perumahan Pinang Mas nomor 01 Tanjungpinang yang dihubungi langsung menuju lokasi.

Pendi warga setempat mengatakan pada waktu itu, kejadian yang memberitahunya tersebut di beritahu oleh Nurul Tetangga sebelah nya. Tetangganya terbangun ketika mendengar letupan (Ledakan) kecil yang menyerupai suara petasan yang diketahui berasal dari gudang tersebut.

Merasa curiga mendengar seperti itu, Nurul lalu keluar dari rumahnya dan dengan seketikan dirinya melihat api yang keluar dari gudang itu. Dirinya tesentak untuk berteriak meminta bantuan kepada tetangganya untuk memadamkan api.

Editor: Dardani