Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Ditanya Kasus Munir, Budi Gunawan Cakap Lihat Nanti
Oleh : Redaksi
Rabu | 07-09-2016 | 16:13 WIB
budi_gunawanbybbcindonesia.jpg Honda-Batam

Kepala BIN baru, Budi Gunawan dan Kepala BIN lama, Sutiyoso, dalam sebuah peristiwa terkait serangan Thamrin beberapa waktu lalu. (Foto: BBC Indonesia)

BATAMTODAY.COM, Jakarta - Ditanya wartawan tentang penuntasan kasus pembunuhan Munir yang diyakini banyak pegiat melibatkan BIN, Budi Gunawan yang baru menjalani uji kelayakan dan kepatutan di DPR menjawab, "nanti kita lihat ke depan."

 

Uji kelayakan dan kepatutan terhadap Wakapolri Komjen Budi Gunawan yang berlangsung tertutup itu berjalan lancar sekali.

Selesai acara itu, Ketua Komisi I Abdul Kharis Almasyhari mengatakan kepada wartawan: "Komisi I memutuskan memberikan pertimbangan sebagai berikut: saudara Budi Gunawan layak dan patut menjadi Kepala Badan Intelijen Negara menggantikan Sutiyoso," katanya.

Ia menjawab semua pertanyaan dengan jawaban yang umum dan diplomatis. Termasuk soal hubungannya dengan Presiden Joko Widodo dan tanggapannya tentang upaya untuk memperluas kewenangan BIN, dengan antara lain hak untuk menangkap.

Seorang wartawan perempuan kemudian bertanya, apa yang akan ia lakukan terkait kasus pembunuhan Munir, yang diduga melibatkan aparat BIN (saat itu), yang sampai sekarang belum juga tuntas. Budi Gunawan menjawab :"Nanti kita lihat ke depan," lalu langsung menutup tanya jawab, dan berlalu.

Pencalonan Budi Gunawan sebagai Kepala BIN untuk menggantikan Sutiyoso, dikecam beberapa kalangan, terkait riwaayatnya sebagai bekas tersangka KPK untuk apa yang dikenal sebagai kasus rekenening gendut polisi. Ia ditetapkan sebagai tersangka KPK beberapa saat setelah diajukan sebagai calon Kapolri.

Peristiwa ini memicu ketegangan politik berbulan-bulan. Polisi balik menjadikan dua pimpinan KPK, Abraham Samad dan Bambang Widjojanto sebagai tersangka kasus-kasus lama.

Dalam sidang PTUN, hakim membatalkan penetapan Budi Gunawan sebagai tersangka, dan kendati proses pencalonannya sebagai Kapolri akhirnya dibatalkan, Budi Gunawan diangkat sebagai Wakapolri. Dan akhirnya kini ia tinggal selangkah lagi akan dilantik sebagai Kepala BIN.

Sumber: BBC Indonesia
Editor: Dardani