Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Kunjungi Tanah Kelahiran, Pangarmabar Laksda TNI Aan Kurnia Dapat Petuah
Oleh : Nurjali
Senin | 05-09-2016 | 19:26 WIB
pangarmabarmudik1.jpg Honda-Batam

Pangarmabar Laksda TNI Aan Kurnia disambut para sesepuh kampung dan Ketua LAM Lingga. (Foto: Nurjali)

BATAMTODAY.COM, Dabosingkep - Panglima Komando Armada RI Kawasan Barat (Pangarmabar) Laksamana Muda (Laksda) TNI Aan Kurnia disambut antusias masyarakat kampung kelahirannya, Dabosingkep, Kabupaten Lingga, Senin (5/9/2016).

Sambutan hangat jendral bintang dua, anak mantan pensiunan timah, ini dilakukan secara adat Melayu dengan silat dan tepung tawar. Rasa haru Ketua LAM (Lembaga Adat Melayu) Kabupaten Lingga Datuk Raja Ruslan seakan tak tertahan saat menyampaikan sambutannya di hadapan sang jenderal.

"Saya meneteskan airmate terharu, dengan seorang putra daerah yang ingat dengan kampung kelahiran," kata Datuk Raja Ruslan sembari menghusap airmatanya, terharu.

Pesan Ketua LAM Lingga Datuk Raja Ruslan kepada sang Laksamana. "Ananda Laksamana Muda, ananda diibaratkan batang kayu besar di tengah padang yang ke atas dia berpucuk yang di tengah dia berbatang, yang dibawah berurat tunggang."

"Rimbun daunnya tempat rakyat berteduh, kuat dahannya tempat rakyat bergantung, besar dahannya tempat rakyat bersandar, kukuh akarnya tempat bersila (duduk bersimpuh -red)."

Demikian petuah yang disampaikan Ketua LAM Lingga Datuk Raja Ruslan untuk putra daerah yang masih ingat kampung halamannya itu.

Panglima Armada Bagian Barat Laksmana Muda TNI Angkatan Laut Aan Kurnia, S. Sos menyampaikan sangat tersanjung akan sambutan hangat masyarakat singkep. Dirinya mengaku bahwa dirinya adalah kelahiran Dabosingkep dan minum pertama air Dabo, dan tempuninya ditanam di Kota Timah ini.

"Ini tanah kelahiran saya, kalau tidak lahir di sini belum tentu saya jadi panglima," cetusnya dengan semangat dan rasa haru.

Baca Juga: Perintah Pangarmabar, Prajurit Jangan Melakukan Pelanggaran Sekecil Apapun!

Sementarara itu, Bupati Lingga Alias Wello mengharapkan agar sang panglima dapat membantu Kabupaten Lingga untuk mempromosikan Negeri Segantang Lada dan Bunda Tanah Melayu ini.

Dirinya juga mengharapkan agar peran serta Pangarmabar dalam menjaga keamanan laut Kabupaten Lingga, agar para investor dapat dengan nyaman berinvestasi di Lingga.

"Peran serta TNI sangat kita harapkan dalam menjaga keamanan laut, agar para investor merasa nyaman berinvestasi di sini," Ujar Bupati Lingga.

Selain melakukan kunjungan kerja di Dabosingkep, Pangarmabar ini juga menyempatkan diri untuk mengunjungi beberapa lokasi sambil mengenang masa anak-anaknya di Dabosingkep.

Editor: Dardani