Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Jalan Berpasir Ini, Penyebab Utama Kecelakaan di Paya Sunan, Karimun
Oleh : Nursali
Senin | 05-09-2016 | 13:14 WIB
bersihkan-jalan-dari-pasir.gif Honda-Batam

Bhabinkamtibmas Parit Benut Kecamatan Meral, Brigadir Hendri Yanto bersama beberapa warga Desa Paya Sunan mencoba membersihkan pasir yang berada di badan jalan dengan menggunakan alat seadanya (Foto: Nursali)

BATAMTODAY.COM, Karimun - Kecelakaan yang sering terjadi di Jalan Simpang Tiga Atas Desa Paya Sunan, ternyata selain disebabkan oleh aksi penggguna jalan yang ugal-ugalan, jalan tersebut juga hampir terselimuti oleh pasir yang longsong dari lahan kerukan di sepanjang tepi jalan tersebut.

Oleh sebab itulah beberapa warga setempat mencoba membersihkan pasir yang berada di badan jalan tersebut dengan menggunakan alat seadanya.

Ketua RT03/RW01 Desa Paya Sunan, Kelurahan Darussalam, Kecamatan Meral Barat, Ajmain mengatakan, pasir yang nyaris menutupi badan jalan ini selalu bertambah saat musim penghujan datang dan akan membuat jalan menjadi lebih licin, sehingga para pengendara yang belum hafal jalanan ini akan terjadi kecelakaan.

"Kalau musim kemarau, jalanan ini juga akan menjadi berpasir, itu juga membuat jalanan menjadi licin," Kata Ajmain kepada BATAMTODAY.COM di Jalan Simpang Tiga Atas Desa Paya Sunan. Minggu (4/9/2016).

Ia mengatakan, kecelakaan yang disebabkan oleh kondisi jalan tersebut bukan kali pertama terjadi, beberapa waktu lalu, katanya lagi, kecelakaan bahkan kerap kali terjadi yang disebabkan ulah pengguna jalan maupun kondisi jalan yang sangat memprihatinkan.

Oleh sebab itu, pihaknya besera puluhan warga setempat mencoba untuk membersihkan tumpukan pasir yang telah menebal tersebut.

"Sebab pasir yang ada di badan jalan ini sudah hampir menutupi sebagian besar aspal. Kalau bukan warga kami yang bersihkan, nunggu siapa lagi Bang? Apa nunggu korban lebih banyak lagi?," ujarnya.

Di tempat yang sama, Bhayangkara Pembina Keamanan dan Ketertiban Masyarakat (Bhabinkamtibmas) Parit Benut Kecamatan Meral, Brigadir Hendri Yanto, yang turut membantu warga membersihkan pasir itu mengakui jika kecelakaan lalu lintas sering terjadi, sehingga dirinya berinisiatif untuk membersihkan tumpukan pasir tersebut.

"Alhamdulillah, warga pun setuju dengan saran yang saya berikan. Pasir ini sendiri menumpuk akibat lahan kerukan yang berada di pinggir jalan. Sehingga saat hujan datang, pasir ini terbawa air hingga ke jalan," tandasnya.

Editor: Udin