PKP
Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

2 Buruh Tertangkap Tangan Curi Kabel
Oleh : Gokli/Dodo
Kamis | 15-09-2011 | 14:24 WIB
maling-kabel.gif honda-batam

Efendi dan Elda Putra saat berada di Mapolsek Sagulung usai diserahkan sekuriti PT Ventur kerna tertangkap tangan mencuri kabel. (Foto: Gokli)

BATAM, batamtoday - Dua orang buruh sub kontraktor diboyong sekuriti PT Ventur ke Polsek Sagulung lantaran ketahuan mencuri seberat 30 kilogram kabel welding dengan panjang 50 meter milik PT PHJ, Kamis (15/9/2011).

Dua orang buruh ini diketahui bernama Efendi (30) dan Elda Putra (22) warga Permata Puri Batuaji, tertangkap tangan saat akan memindahkan kabel tersebut keluar dari kawasan perusahaan.

Menurut keterangan dari kepala sekuriti PT Ventur, Suryadi mengatakan pelaku pencurian ini sebenarnya empat orang, namun dua orang lagi berhasil kabur saat akan ditangkap.

"Dua pelaku yang masih kabur masih dicari," kata Suryadi.

Suryadi mengatakan pencurian ini terjadi sekitar pukul 02.00 WIB pada saat itu terjadi over time (lembur) dan keadaan di lokasi perusahaan sepi.

Keempat pelaku saat beraksi melakukan tugas masing-masing. Efendi bertugas memotong kabel, Elda bertugas mengupas kabel, sementara Yohannes dan Guntur (buron) bertugas mengawasi sekuriti dan karyawan lainnya.

Kemudian, setelah kabel itu selesai dipotong dan dikupas, Efendi dan Elda berencana memindahkan kabel itu ke luar kawasan perusahaan dengan cara melemparkanya melewati pagar pembatas. Pada saat melemparkan kabel itu lah sekurity yang berjaga, Wiratama menangkap pelaku.

"Kedua pelaku saat ditangkap tidak bisa berbuat banyak, mereka dibawa ke pos penjagaan dan diamankan disana menunggu pagi hari," ujar Suryadi.

Sewaktu diiterogasi di pos penjagaan, kata Suryadi kedua pelaku ini mengaku sudah pernah mencuri sebelumnya pada dua hari lalu namun saat itu mereka hanya mencuri kabel seberat 8 kilogram dan sudah dijual seharga Rp 60 ribu per kilogramnya ke salah seorang penadah di daera hBatuaji, yang nama dan alamatnya sudah diketahui.

"Sekarang ini merupakan pencurian yang kedua kalinya mereka lakukan," terangnya

Kedua pelaku yang diboyong ke Polsek Batuaji dalam kondisi babak belur. Saat ditanyai batamtoday, Efendi mengaku mereka berdua sempat dihajar beberapa orang sekuriti saat berada di pos penjagaan.

"Setelah ditangkap, kami berdua dipukuli di pos itu,"ujar Efendi saat berada di Polsek Sagulung.