Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Luhut Mengaku Tak Tahu Kriteria Menteri ESDM Pilihan Jokowi Gantikan Arcandra
Oleh : Hadli
Minggu | 28-08-2016 | 15:15 WIB
Luhutpanajaitan1.gif Honda-Batam

Menko Kemaritiman Luhut Binsar Panjaitan saat menghadiri peresmian RS Sudarsono Darmosoewito di Kawasan Industri Kabil, Sabtu (27/8/2016) siang. (Foto: Hadli)

BATAMTODAY.COM, Batam - Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman Luhut Binsar Pandjaitan mengaku belum mengetahui kriteria Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) yang akan ditunjuk Presiden Djoko Widodo menggantikan Arcandra Tahar yang diberhentikan akibat kasus dwi kewarganegaraan.

"Saya tidak tau (kriteria). Itu kewenangan Presiden," kata Luhut, yang saat ini menjabat Plt Menteri ESDM, usai menghadiri peresmian RS Soedarsono Darmosoewito di Kawasan Industri Kabil, Sabtu (27/8/2016).

Luhut enggan berkomentar siapa sosok yang akan dipilih Presiden. Namun menurut dia, September 2016 nanti jabatan Menteri ESDM sudah harus diisi agar tugas dan program Kementerian ESDM dapat berjalan dengan baik.

"Waktunya satu bulan lagi. Untuk sementara saya yang melaksanakan," kata purnawiarawan jenderal TNI ini kembali.

Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral Arcandra Tahar yang baru dilantik pada 27 Juli 2016 menggantikan Sudirman Said, mendadak diberhentikan Presiden Jokowi Dodo pada 15 Agustus 2016.

Arcandra disebut telah menjadi warga negara Amerika Serikat melalui proses naturalisasi pada Maret 2011 lalu dengan diambilnya "oath of allegiance" atau sumpah setia kepada Negeri Paman Sam.

Editor: Surya