Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Zulkifli sudah Usulkan Sarwindah sebagai Pengganti Asman ke KPU
Oleh : Irawan
Selasa | 23-08-2016 | 12:26 WIB
Asman_abnur.jpg Honda-Batam

Abman Abnur,  mantan Anggota DPR RI dari Fraksi Partai Amanat Nasional dari daerah pemilihan Provinsi Kepulauan Riau yang telah diangkat sebagai Menteri Pendagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi

BATAMTODAY.COM, Jakarta - Ketua Umum Partai Amanat Nasional (PAN) Zulkifli Hasan mengatakan, telah mengusulkan Siti Sarwindah sebagai Anggota DPR RI pergantian antar waktu (PAW) daerah pemilihan (dapil) Provinsi Kepulauan Riau (Kepri) ke Komisi Pemilihan Umum (KPU).

Sarwindah diusulkan untuk menggantikan Asman Abnur, karena yang bersangkutan telah diangkat sebagai Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara (PAN) & Reformasi Birokrasi (RB) pada 27 Juli 2016 lalu, oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi).

"PAW Pak Asman Abnur sudah saya teken dan usulkan dua hari lalu. Penggantinya ibu-ibu, saya lupa namanya. Itu perolehan suaranya jauh sekali dibandingkan sama pak Asman, sudah kita usulkan," kata Zulkifli Hasan di Gedung DPR, Jakarta, Senin (22/8/2016).

Zulkifli tetap enggan menyebut nama PAW Asman Abnur dan berdalih tidak ingat, ketika didesak siapa yang diusulkan. "Saya benar tidak ingat, pokoknya ibu-ibu yang kita usulkan sebagai pengganti Pak Asman Abnur," katanya.

Sebagai calon pengganti Asman Abnur, berdasarkan nomor urut dan perolehan suara pada pemilu legislatif 2014 lalu, calon pengganti Asman Abnur untuk dapil Kepri adalah Siti Sarwindah. 

Berdasarkan data rekpaitulasi KPU Kepri, perolehan suara pemilu legislatif untuk DPR RI Dapil Kepri, Siti Sarwindah memperoleh 4.615 suara. Ia tepat berada di bawah Asman Abnur yang kala itu memperoleh 97.327 suara.

Namun, jika Siti sarwindah berhalangan, maka calon berikutnya yang bisa menggantikan Asman Abnur di DPR RI adalah Jufri Taufiq yang saat itu memperoleh 4.163 suara.

PAN sendiri memperoleh total suara untuk DPR RI Dapil Kepri sebanyak 12.939 suara atau 15 persen dari total perolehan suara semua partai peserta pemilu 2014.

Editor: Surya