Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

OMG, Hiu Ini Usianya 4 Abad
Oleh : Redaksi
Senin | 15-08-2016 | 12:26 WIB
Hiu-berusia-4-abad.jpg Honda-Batam

Hiu Ini Usianya 4 Abad (Sumber foto: dok. NOAA Okeanos Explorer Program)

BATAMTODAY.COM, Denmark - Vertebrata apa yang usianya tertua di dunia? Hiu dari Greenland itulah dia.

Ilmuwan menggunakan sistem radiocarbon untuk menghitung usia 28 ekor hiu ini dan memperkirakan salah satu betina ternyata sudah berusia 400 tahun.

Dalam riset yang dimuat di jurnal Science itu, tim mendapati, hiu itu tumbuh hanya 1 cm per tahun. Satwa ini mencapai kedewasaan seksual pada usia 150 tahun.

Ahli kelautan dari University of Copenhagen, Julius Nielsen, mengatakan timnya sebetulnya sudah mempersiapkan hati akan bertemu dengan satwa yang tak biasa.

“Tapi saya rasa siapapun yang melakukan riset ini sangat terkejut mendapati hiu setua itu,” kata Nielsen.

Hiu Greendland bisa tumbuh sampai 5 meter panjangnya. Biasanya mereka terlihat berenang lambat di perairan dalam dan dingin di Atlantik Utara.

Menghitung usia ikan, biasanya menghitung pola di tulang telinga yang dinamakan otolith. Mirip seperti menghitung usia pohon.

Tapi pada hiu, itu tak mudah. Apalagi hiu Greenland, sebab hewan ini adalah hiu yang lunak. Tak ada bagian tulang keras yang bisa dipakai untuk menghitung umurnya.

Para ilmuwan menghitungnya melalui semacam protein yang disintesa di badan ikan. Protein ini ada di material penyusun lensa mata ikan.

Protein ini diperiksa dengan sistem radiocarbon. Hasilnya, satu dari 28 ekor ikan yang diperiksa ada seekor betina hidup yang usianya sekitar 400 tahun.  

Sumber: jurnal Science
Editor: Udin