Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Bawaslu Ajak Masyarakat Sukseskan Pelaksanaan Pilkada 2017
Oleh : Irawan
Minggu | 14-08-2016 | 12:00 WIB
bawaslu_pilkada.jpg Honda-Batam

PKP Developer

Gebyar Sosialisasi Akbar Pengawasan Partisipatif Bawaslu dalam pengawasan Pilkada 2017

BATAMTODAY.COM, Jakarta - Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) mengajak masyarakat ikut aktif mengawasi pelaksanaan pemilihan kepala daerah (pilkada) serentak 2017. Sebab, tanggung jawab menyuskseskan pilkada dan sistem pengawasan tak hanya milik Bawaslu.

"Bahwa kita semua punya andil untuk sukseskan pengawasan pilkada," kata Ketua Bawaslu Muhammad saat Gebyar Sosialisasi Akbar Pengawasan Partisipatif Bawasludi depan Kantor Bawaslu, Jalan M.H. Thamrin, Jakarta, Minggu (14/8/2016).

Pelaksanaan pemilu, kata Muhammad, tak boleh menjadi kegiatan eksklusif milik Bawaslu, KPU, atau partai politik. Pelaksanaan pemilu adalah milik rakyat.

Bawaslu tak pandang bulu. Apapun profesinya, masyarakat harus menganggap pelaksanaan pemilu sebagai tanggung jawab bersama.

"Kita juga ingin menyampaikan kepada masyarakat hasil-hasil apa yang selama ini sudah dilakukan," kata Muhammad.

Ada puluhan stand berdiri di sepanjang Jalan M.H. Thamrin. Stand tersebut diisi perwakilan dari Bawaslu setiap daerah di Indonesia, siap meyampaikan pada masyarakat beragam kegiatan yang telah dikerjakan.
Di stand tersebut, masyarakat yag sedang menikmati car free day diperkenankan bertanya segala hal berhubungan pengawasan pemilu di setiap provinsi. Masyarakat juga bisa bertanya tentang pengawasan yang dapat mereka lakukan.

"Biar masyarakat tahu apa yang sudah kita lakukan, apa yang sedang kita lakukan dan apa tantangan pengawasan sehingga bisa turut serta ambil di dalamnya," jelas Muhammad.

Peluncuran Go-Waslu
Bawaslu juga memanfaatkan kegiatan ini untuk meluncurkan aplikasi Go-Waslu, aplikasi berbasis android yang dapat digunakan masyarakat untuk meningkatkan peran pengawasan. Peluncuran aplikasi ini sebagai bukti peningkatan teknologi dalam pengawasan pemilu.

"Kita ingin menggunakan aplikasi yang sifatnya responsif. Jadi, setiap Bawaslu daerah cepat mengirimkan laporan hasil pengawasan serta aduan masyarakat ke Bawaslu Pusat," terang Muhammad.

Muhammad menjelaskan, selama ini masyarakat dan perwakilan daerah kerap mengeluhkan laporan yang telat masuk. Aplikasi ini dinilai bisa menjawab keluhan itu.

"Selama ini ada yang bilang, `bagaimana laporan saya bisa cepat?`. Bawaslu buat aplikasi ini supaya masyarakat bisa cepat laporkan dan kita cepat lakukan penindakannya," pungkas Muhammad.

Hadir dalam acara ini Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo, Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Juri Ardiantoro, bersama komisioner KPU dan Bawaslu lainnya yang juga ikut menyemarakkan jalan santai di sepanjang area car free day.

Editor: Surya