Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Ijazah belum Keluar, Ribuan Lulusan SMA di Batam Sulit Cari Kerja
Oleh : Irwan Hirzal
Sabtu | 13-08-2016 | 13:50 WIB
20160813_140328.jpg Honda-Batam

Kepala Dinas Pendidikan Kota Batam, Muslim Bidin.

BATAMTODAY.COM, Batam - Ribuan pelajar yang telah dinyatakan lulus dari SMA/SMK di Kota Batam, ternyata belum menerima ijazah kelulusan dari pihak sekolah, meskipun pengumuman kelulusan sudah dua bulan lalu.

Imbasnya, siswa yang sudah dinyatakan lulus dalam mengikuti kegiatan belajar selama tiga tahun di SMA sederajat, kesulitan mendapatkan pekerjaan. Lantaran salah satu syarat melamar pekerjaan, harus melampirkan ijazah tersebut.

Salah satu siswi SMK 4 Tiban, Aurelia, mengaku kesal karena ijazahnya tidak kunjung keluar. Bahkan sampai saat ini ia dan rekannya belum menerima kejelasan kapan ijazahnya itu akan diterima.

"Surat keterangan lulus memang sudah diberikan untuk melanjutkan jenjang sokolah yang lebih tinggi. Tapi ijazah itu penting untuk melamar kerja. Karena perusahaan tidak mau menerima kalau persyaratan tidak lengkap," kata Aurelia.   

Aurelia mengatakan, bukan hanya di sekolahnya saja yang belum menerima ijazah. Namun seluruh sekolah di Batam, dia sebut mengalami hal serupa, tidak terkecuali Sekolah Dasar (SD) dan Sekolah Menengeh Pertama (SMP) di Kota Batam.

"Saya tanya kawan saya yang sekolah di SMA 4, juga belum mendapatkan ijazah," ujarnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Pendidikan (Disdik) kota Batam, Muslim Bidin, saat dikonfirmasi masalah tersebut mengatakan, masih akan berkordinasi dengan bidang program Disdik Batam. "Saya belum tahu, itu bidangnya program. Nanti saya koordinasi dulu ya," ujarnya.

Editor: Udin