Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Kangen Permainan Rakyat 17 Agustusan, Yok ke Karimun
Oleh : Nursali
Sabtu | 13-08-2016 | 13:38 WIB
lomba-jong.jpg Honda-Batam

Kodim 0317/TBK akan menggelar permainan rakyat. Permainan itu disesuaikan dengan kecamatan masing-masing seperti Kecamatan Kundur akan digelar lomba Jong (Foto: dok.batamtoday.com)

BATAMTODAY.COM, Karimun - Dalam rangka merayakan Hari Kemerdekaan Republik Indonesia pada tanggal 17 Agustus 2016 yang ke-71, setiap daerah pasti punya acara tersendiri, mulai dari lomba tarik tambang, panjat pinang, makan kerupuk, balap karung, dan lain sebagainya. Nah, jika beberapa permainan ini tidak lagi ditemukan di daerahmu, Ayo monggo.... datang aja ke Kabupaten Karimun.

Kodim 0317/TBK akan menggelar permainan rakyat yang terbilang jamana dulu bingit (jadul) dalam merayakan hari kemerdekaan tersebut. Bahkan, Kodim 0317/TBK yang merupakan unsur satuan di bawah Korem 033/WP tersebut, juga menggelar permainan rakyat tradisional Asli Kabupaten yang digelar dengan sebutan Kabupaten Bumi Berazam ini seperti, lomba Jong (Perahu layar hias-red) dan permainan Gasing.

"Permainan itu kita gelar di seluruh kecamatan se Kabupaten Karimun, khususnya di pusat-pusat keramaian," Kata Dandim 0317/TBK, Letkol Inf I Gusti Ketut Arthasuyasa kepada BATAMTODAY.COM di Karimun, Sabtu (13/8/2016).

Permainan rakyat asli Karimun ini, nantinya digelar sesuai dengan asal muasal permainan tersebut, yang akan disupport oleh masing-masing Koramil bersama pihak kecamatan.

"Seperti di Kecamatan Kundur, kita akan adakan lomba Jong," katanya mencontohkan .

Tentu saja, hal ini dilakukan untuk memeriahkan hari kemerdekaan Republik Indonesia yang ke-71, dan mengenang kembali permainan-permainan "jadul" yang hampir punah seiring perkembangan zaman.

"Turut melestarikan kebudayaan lokal bro," tandasnya.

Editor: Udin