Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Dana Berasal dari Swadaya Pedagang dan Donatur

Pedagang Pasar Sei Harapan Bangun 20 Kios Sementara
Oleh : Roni Ginting/Dodo
Senin | 12-09-2011 | 12:19 WIB
Kebakaran-pasar-Sei-Harapan.gif Honda-Batam

Pasar Sei Harapan yang terbakar beberapa waktu lalu. (Foto: Batam Pos/ Istimewa)

BATAM, batamtoday - Para pedagang pasar Sei Harapan yang menjadi korban kebakaran membangun sebanyak 20 kios sementara yang letaknya tidak jauh dari pasar yang sudah terbakar tersebut. Dana pembangunan berasal dari uang swadaya para pedagang serta donatur yang peduli.

Pantauan batamtoday, Senin (11/9/2011) terlihat beberapa orang sedang bekerja membangun kios-kios tersebut, diantaranya memasang atap. Mereka bekerja secara gotong-royong agar pengerjaannya cepat rampung. Sebagian pedagang juga sudah ada yang mulai berjualan.

"Dari semalam kita sudah berjualan, karena kalau tidak jualan dari mana dapat uang. Kita bangun secara bersama-sama, swadaya," kata Rumiah, salah satu pedagang kepada batamtoday.

Sementara itu, Camat Sekupang, Mardanis menjelaskan bahwa 20 kios yang dibangun secara swadaya tersebut hanya untuk sementara sebelum dibangun kios permanen.

 "Mereka membangun sendiri untuk sementara. Dana swadaya dari para pedagang sebesar Rp9 juta," terang Mardanis.

Mardanis juga mengatakan para pedagang telah mengajukan proposal bantuan dana pembangunan pasar secara permanen ke Pemko Batam. Selebihnya akan membangun dari dana Koperasi pasar.

"Untuk kios permanen dari dana koperasi dan bantuan dari Pemko Batam. Kalau sudah disetujui secepatnya akan dibangun," tuturnya.