Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Miris, SMPN 4 Satap Singkep Selatan Hanya Tersisa 2 Guru PNS
Oleh : Nur Jali
Kamis | 04-08-2016 | 10:02 WIB
absensi.jpg Honda-Batam

Data guru di Singkep Selatan (Foto: Nur Jali)

BATAMTODAY.COM, Singkepselatan - Miris, SMP Negeri 4 Satu Atap Kecamatan Singkep Selatan akhirnya hanya tersisa dua orang guru yang berstatus Pegawai Negeri Sipil (PNS), setelah tiga guru di sekolah tersebut pindah tanpa alasan.

Padahal, sekolah tersebut saat ini memiliki siswa kurang lebih 41 orang. Dampaknya, rencana pemerintah untuk menjadikan sekolah ini sebagai SMP Negeri berdiri sendiri jadi terhambat, karena sekolah tersebut hanya memiliki dua orang guru berstatus PNS.

Dari tiga orang guru yang pindah tanpa alasan tersebut merupakan ASN yang baru, bahkan dua orang di antara ASN tersebut mengajukan pindah ke luar Kabupaten Lingga. Bahkan satunya pindah ke luar Provinsi Kepri.

"Satu orang pindah ke Tanjungpinang, satu orang pindah ke Garut, Jawa Barat, dan satu lagi pindah ke Kantor Lurah Sungai Lumpur," kata salah satu sumber di sekolah tersebut, yang enggan menyebutkan namanya.

Staf Khusus bidang Hukum dan Pemerintahan Bupati Lingga, Rudi Purwonugroho, saat dikonfirmasi terkait hal ini membenarkan informasi tersebut. Menurutnya, hal ini sangat disayangkan oleh pihaknya, bahkan salah satu ASN yang pindah ke Garut tersebut belum mendapat rekomendasi dari BKN.

"Dari Gubernur Kepri dan Gubernur Jabar memang sudah ada rekomendasinya, tapi dari BKN suratnya belum keluar. Itu tandanya dia masih PNS kita, ini jelas salah," ungkapnya.

Menurutnya, saat ini PNS yang pindah ke Garut tersebut sudah kembali ke Kabupaten Lingga, setelah pihaknya mengecek langsung ke kabupaten tersebut.

Editor: Udin