Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Semester I 2016, 12 Orang Tewas di Jalanan Tanjungpinang
Oleh : Roland Aritonang
Rabu | 27-07-2016 | 17:26 WIB

BATAMTODAY.COM, Tanjungpinang - Semester pertama di tahun 2016, angka kecelakaan lalu lintas (laka lantas) di Kota Tanjungpinang tercatat 59 kasus, dengan 12 orang meninggal dunia. Selain itu, 32 orang luka berat dan 56 orang luka ringan dengan kerugian mencapai Rp154 juta.

 

Kepala Unit Lalu Lintas Polres Tanjungpinang, Iptu Sugiono mengatakan akan berkomitmen dan berupaya untuk menekan angka kecelakaan lalu lintas dengan cara menyosialisasikan cara berkendara yang aman dan baik.

"Kami telah melakukan penyuluhan dan sosialisasi ke sekolah-sekolah yang ada di Tanjungpinang‎," ujar Sugiono saat ditemui di Mapolres Tanjungpinang, Rabu (27/7/2016).

Menurutnya kecelakaan lalu lintas lebih banyak disebabkan faktor human error atau kesalahan pada manusianya, oleh sebab itu meminta kepada masyarakat untuk benar-benar menaati peraturan sebab, banyak kejadian didahului dengan pelanggaran aturan berlalu lintas.

‎"Yang paling penting untuk seluruh orang tua untuk tidak memberikan kendaraan kepada anaknya yang masih di bawah umur," katanya.

Sugiono menjelaskan selain human error‎ penyebab utama, yakni kurang berhati-hati masyarakat saat berlalu lintas. Kebanyakan dari mereka tidak melengkapi kendaraan maupun dirinya sendiri dengan standar keamanan yang memadai.

Editor: Dodo