Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

10 Pekerjaan Paling Memuaskan Bagi Orang Indonesia
Oleh : Redaksi
Selasa | 19-07-2016 | 11:26 WIB
kerja.jpg Honda-Batam

Ilustrasi bekerja (Sumber foto: Jobplanet)

BATAMTODAY.COM, Batam - Puaskah Anda dengan pekerjaan yang Anda miliki saat ini? Jika belum, pekerjaan macam apa yang bisa memuaskan Anda?

Menurut penelitian dari Jobplanet, sebuah platform komunitas online seputar dunia kerja dan perusahaan, ada beberapa jenis pekerjaan yang bisa memuaskan warga Indonesia.

Dalam riset ini, Jobplanet menganalisis data yang dikumpulkan dari 48.250 orang Indonesia sejak Januari-Juni 2016 lalu. Analisis data tersebut mengungkapkan bahwa rata-rata kepuasan karyawan Indonesia terhadap pekerjaan atau kantor tempat mereka bekerja selama semester i adalah 3,46 dari 5,0. Artinya, warga Indonesia merasa cukup puas dengan pekerjaan dan kantor yang dimilikinya saat ini.

Lalu jenis pekerjaan seperti apa yang bisa memuaskan warga Indonesia?

1. Karyawan di bidang Pemerintahan
Karyawan di bidang pemerintahan ini dikenal sebagai Pegawai Negeri Sipil (PNS). Selain PNS, pegawai di pemerintahan ini juga mencakup petugas pelayanan sosial, serta anggota kepolisian dan tentara. Tingkat kepuasan PNS menurut survei ini adalah 3,70.

2.  Karyawan di bidang Media dan Public Relations (PR)
Karyawan di bidang media yang dimaksud ini termasuk di dalamnya adalah wartawan, pekerja bidang humas, pembawa acara, editor, copywriter, fotografer dan kameraman. Orang-orang tersebut memiliki tingkat kepuasan 3,59.

3.  Karyawan di bidang Penelitian dan Pengembangan (Litbang)
Karyawan yang bekerja di bidang Litbang, antara lain ahli teknologi kelistrikan, ahli teknologi dan pengembangan pangan, staf Litbang, serta ilmuwan dan ahli Geofisika. Mereka rata-rata memiliki tingkat kepuasan kerja: 3,57.

4. Karyawan di bidang Pelayanan
Karyawan yang bekerja di bidang Pelayanan, antara lain wedding planner dan wedding organizer, pramugari, pemandu wisata, pemilik dan pengelola hotel, serta ahli kosmetika dan perawatan kecantikan. Mereka rata-rata memiliki tingkat kepuasan kerja mencapai 3,52.

5. Karyawan di bidang Pengembangan Bisnis
Karyawan yang bekerja di bidang ini, antara lain konsultan bisnis, direktur, dan perencana strategi bisnis. Rata-rata tingkat kepuasan kerjanya mencapai 3,51.

6. Karyawan di Bidang Hukum
Karyawan bidang hukum ini termasuk pengacara, auditor, dan petugas litigasi. Tingkat kepuasannya rata-rata mencapao 3,51.

7.  Pekerja Profesional
Pekerja  yang terbilang sebagai Profesional, antara lain penerjemah bahasa, pengamat seni dan budaya, agen properti, juru masak, pilot, dan gamer profesional. Rata-rata tingkat kepuasan kerjanya mencapai 3,50.

8. Karyawan di bidang Teknologi Informasi (TI)
Karyawan yang bekerja di bidang TI, antara lain game developer, web developer,application developer, UI/UX developer, hardware/software engineer, video engineer, system engineer, IT planner, dan IT project manager. Rata-rata tingkat kepuasan kerjanya adalah 3,49.

9. Karyawan di bidang Engineering
Karyawan yang bekerja di bidang ini, antara lain perencana perkotaan dan tata ruang, arsitek, desainer interior, serta electrical dan mechanical engineer. Rata-rata tingkat kepuasan kerjanya adalah 3,47.

10.  Karyawan di bidang Marketing
Karyawan yang bekerja di bidang ini, antara lain melakukan pekerjaan yang berhubungan dengan pemasaran produk, digital marketing, brand marketing, riset pasar dan customer relationship management (CRM). Rata-rata tingkat kepuasan kerjanya adalah 3,46. (Sumber: Jobplanet)

Editor: Udin