Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Dewan Guru Pelaksana MPLS, Bukan Siswa Senior
Oleh : Irwan Hirzal
Sabtu | 16-07-2016 | 12:22 WIB
muslim-bidin-baru.jpg Honda-Batam

Kepala Dinas Pendidikan (Disdik) Kota Batam, Muslim Bidin.

BATAMTODAY.COM, Batam - Masa Orientasi Siswa (MOS) yang biasa dilakukan dalam hari pertama penerimaan siswa baru kini berubah menjadi Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS) dan penyuluhan sesuai surat keputusan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan nomor 18 tahun 2016. Sehingga, dalam pelaksanannya di tahun ajaran 2016/2017, dilakukan para dewan guru.

"Para dewan guru yang melakukan bukan lagi kakak kelas seperti tahun sebelumnya," kata Kepala Dinas Pendidikan (Disdik) Kota Batam, Muslim Bidin melalui sambungan telpon Sabtu (16/07/2016).

Tujuannya agar mencegah terjadinya kekerasan yang dilakukan kakak kelas di dalam sekolah saat masa pengenalan digelar. "Jadi tidak ada kekerasan lagi dalam MPLS tahun ini. Sekarang diganti dengan penyuluhan dan pengenalan lingkungan sekolah," ujarnya.

MPLS nantinya akan digelar selama tiga hari, hingga Rabu. Para siswa didik baru akan mengikuti serangakaian kegiatan yang bersifat edukatif dan kreatif untuk mewujudkan sekolah sebagai tempat belajar yang menyenangkan.

Menurut Muslim, kegiatan itu seperti penyuluhan dari Badan Narkotika Nasional (BBN), Kepolisian tentang lalulintas dan kegiatan yang bersifat membangun.

"Jadi tidak ada lagi siswa membawa atribut-atribut aneh atau penyiksaan di dalam sekolah. Ingat MPLS digelar oleh dewan guru bukan kakak kelas," pungkasnya.

Editor: Dodo