Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

BMKG Ingatkan Warga Waspadai Angin Kencang Disertai Petir di Wilayah Kepri
Oleh : Charles Sitompul
Jum'at | 15-07-2016 | 11:53 WIB

BATAMTODAY.COM, Tanjungpinang - BMKG Kota Tanjungpinang kembali mengeluarkan peringatan agar warga mewaspadai hujan lebat disertai petir dan angin kencang yang melanda Tanjungpinang, Bintan di Kepri.

 

Kepala BMKG Tanjungpinang Dhira Utama mengatakan, cuaca di sejumlah kota dan wilayah di Kepri, akan berawan pada pagi hari, dan hujan pada siang hari di semua tempat di Tanjungpinang, Bintan, dan daerah lainnya.

"Perlu diwaspadai hujan dengan intensitas lebat yang disertai Petir dan angin kencang di wilayah Tanjungpinang dan Bintan," ujarnya, Jumat (15/7/2016).

Kondisi suhu udara diperkirakan antara 25 sampai 32 derajat Celcius, dengan kelembapan 64 sampai 95 persen. Arah angin akan bertiup dari arah tenggara menuju barat daya dengan kecepatan 0,5 sampai 28 kilometer per jam.

Sedangkan tinggi gelombang di Perairan Kepri berkisar 0,2 sampai 1 meter di perairan Bintan, Natuna, Anambas dan Lingga. Sedangkan di perairan Batam, Tanjungpinang dan Karimun tinggi gelombang antara 0,2 sampai 0,6 meter.

"Dari pantauan radar cuaca pukul 09.58 WIB hari ini, juga telah terjadi hujan disertai petir dengan intensitas sedang dan lebat yang terjadi di wilayah Dompak, Tanjungpinang dan sekitarnya," ujar Dira Utama.

Hal ini dimungkinkan juga akan menyebar ke Senggarang, Kawal dan sejumlah daerah lainnya di Bintan.

Selain itu, dari pantauan Satelit Terraqua, juga ditemukan 19 hotspot api di wilayah Sumatera, wilayah Jawa 1 titik, dan Kalimantan 19 titik.

Editor: Dodo