Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Film Dokumenter tentang Pendiri Pink Floyd Segera Dirilis
Oleh : Redaksi
Rabu | 13-07-2016 | 14:26 WIB
syd-barrett-fymfb.jpg Honda-Batam

Syd Barret, cokalis sekaligus pendiri Pink Floyd. (Sumber foto: fymfb.com)

BATAMTODAY.COM - Sebuah film dokumenter mengenai mantan vokalis sekaligus pendiri Pink Floyd, Syd Barrett, akan tayang pada 21 Oktober mendatang. Film yang disutradarai oleh Anthony Stern tersebut akan tayang perdana pada saat digelarnya Cambridge Film Festival 2016.

Dokumenter tersebut akan menampilkan video konser dan foto-foto dari Pink Floyd, The Rolling Stones, The Doors dan Donovan. Kebanyakan dari kumpulan video serta gambar yang ditampilkan belum pernah diperlihatkan sebelumnya dan diambil pada tahun 60-an di Cambridge, London dan San Francisco.

Dilansir NME, dokumenter tersebut juga akan menampilkan beberapa teman Barrett, termasuk Iggy Rose, perempuan yang muncul pada sampul album solo Barret yang berjudul The Madcap Laughs.

Bersamaan dengan penayangan film dokumenter mengenai Barrett, organisasi bernama Cambridge Live turut menyelenggarakan tur keliling di kota Cambridge. Peserta tur tersebut akan dibawa keliling kota untuk melihat hal-hal yang relevan dengan kehidupan Barrett; rumah di mana ia dibesarkan, sekolahnya, serta rumah keluarga dari gitaris David Gilmour dan bassist Roger Waters. Tur keliling kota akan dipandu oleh dua teman Barrett semasa ia masih bersekolah, Stephen Pyle dan Warren Dosanjh.

Hari Kamis (7/7) lalu menandakan 10 tahun kepergian Barrett. Sepanjang kariernya, ia menghasilkan satu album baru bersama Pink Floyd, yaitu The Piper at the Gates of Dawn (1967) serta memberikan sebagian kontribusi untuk album kedua milik band yang bertajuk A Saucerful of Secrets (1968). Barrett pernah membuat dua album solo bertajuk The Madcap Laughs dan Barrett, keduanya rilis pada 1970.

Sumber: Rolling Stone
Editor: Dodo