Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Kejuaraan Piala Eropa 2016

Griezmann Bawa Prancis Tantang Portugal di Final
Oleh : Redaksi
Jum'at | 08-07-2016 | 08:07 WIB
Griezmann.JPG Honda-Batam

Griezmann saat mencetak gol pertama lewat titik putih. (Foto: Sportsatu)

BATAMTODAY.COM, Marseille - Prancis berhasil memastikan diri melangkah ke final Piala Eropa 2016 setelah menang 2-0 atas Jerman di laga semifinal, Jumat (8/7) dini hari WIB. Prancis menang berkat dua gol yang dicetak Antoine Griezmann dan berhak menjadi lawan Portugal di pertandingan final yang digelar Senin (11/7/2016) dini hari WIB.

 

Antoine Griezmann mengancam gawang Jerman yang dikawal Manuel Neuer pada menit ketujuh pertandingan. Griezmann melakukan aksi satu dua dari tengah lapangan dengan beberapa rekan setimnya dan membawa bola hingga ke kotak penalti Jerman. Tembakan dilepaskan Griezmann, tapi Neuer masih mampu menghalaunya dengan baik.

Emre Can berhasil mendapatkan peluang setelah menerima umpan silang persis di depan kotak penalti Prancis. Namun, sayang temabakan voli yang dilepaskan bintang Liverpool itu masih bisa dihalau Hugo Lloris.

Gawang Prancis yang dikawal Hugo Lloris terus mendapatkan tekanan dari lini serang Jerman. Namun, Lloris bermain baik dibantu empat pemain bertahan Prancis. Les Bleus pun kerap berusaha memanfaatkan gencarnya serangan Jerman dengan melakukan serangan balik cepat. Namun, upaya kedua tim masih tidak berbuah positif.

Prancis mendapatkan hadiah penalti dari wasit pada menit terakhir pertandingan babak pertama. Penalti diberikan setelah kapten timnas Jerman, Bastian Schweinsteiger, terlihat melakukan handball di dalam kotak penalti. Griezmann yang menjadi eksekutor mampu melakukan dengan baik tugasnya untuk menaklukkan Manuel Neuer.

Penalti Griezmann pun menjadi satu-satunya pembeda di papan skor pada babak pertama. Prancis unggul 1-0 atas Jerman di 45 menit babak pertama.

Griezmann membuktikan kualitasnya sebagai penyerang yang berbahaya milik Prancis. Pemain Atletico Madrid ini berhasil mencetak gol keduanya pada pertandingan ini pada menit ke-72 memanfaatkan kelengahan lini belakang Jerman.

Berawal dari kesalahan koordinasi pertahanan Jerman, Paul Pogba mencuri bola dan melepaskan umpan silang yang mampu dihalau oleh Manuel Neuer. Namun, Griezmann berada di posisi yang tepat untuk menyambut bola rebound dan langsung menceploskan bola melalui antara dua kaki Neuer.

Jerman berupaya bangkit dengan bermain lebih menyerang. Beberapa kali gawang Hugo Lloris terancam. Namun, sayang belum ada satu pun kesempatan yang diciptakan para pemain Jerman bisa berbuah positif.

Jerman mendapatkan peluang melalui tendangan bebas Toni Kroos yang disambut tandukan Benedikt Howedes. Namun, sayang tandukan kepala bek Jerman itu belum menemui sasaran.

Hingga pertandingan usai kedudukan 2-0 untuk keunggulan Prancis bertahan. Griezmann sukses membawa Prancis ke final Piala Eropa 2016 dan akan menantang Portugal yang sudah lebih dulu memastikan lolos ke final setelah menang 2-0 atas Wales.

Dua gol yang diciptakan Griezmann pada laga ini juga membuat nama pemain Atletico Madrid itu semakin kokoh di puncak klasemen pencetak gol terbanyak. Griezmann hingga saat ini sudah mencetak enam gol untuk Les Bleus.

Sumber: Sportsatu
Editor: Dardani