Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Tiongkok akan Tuntaskan Proyek Teleskop Terbesar di Dunia
Oleh : Redaksi
Senin | 04-07-2016 | 16:10 WIB
teleskop-tiongkok-bbc.jpg Honda-Batam

Teleskop raksasa bestuan Tiongkok. (Sumber foto: BBC)

BATAMTODAY.COM - Tiongkok akan menuntaskan proyek teleskop radio terbesar di dunia yang disebut dengan FAST. Negara itu telah merangkai bagian akhir dari teleskop terbesar di dunia tersebut. Diperkirakan teleskop itu mulai beroperasi September nanti.

Luas teleskop dengan bukaan lensa bulat berukuran 500 meter - yang disebut dengan FAST (Five-hundred-meter Aperture Spherical Telescope) - ini setara dengan luas 30 lapangan sepak bola.

Proyek satelit yang menelan biaya $180 juta (Rp2,37 triliun) ini akan digunakan untuk menjelajahi luar angkasa dan mencari kehidupan ekstrateritorial, demikian laporan Kantor berita resmi Tiongkok, Xinhua. Memajukan program luar angkasanya merupakan salah satu prioritas pemerintah Tiongkok.

Para ilmuwan saat ini akan mulai melakukan menguji coba teleskop, kata Zheng Xiaonian, Wakil kepala Observasi Astronomi Nasional dibawah Akademi Sains Tiongkok.

FAST akan menggantikan Obervatorium Arecibo di Puerto Rico yang berdiameter 300 meter, sebagai teleskop terbesar di dunia.

Tiongkok telah menyatakan program luar angkasanya bertujuan damai, namun Departemen pertahanan Amerika Serikat mengatakan Tiongkok sedang melakukan aktivitas yang bertujuan "mencegah musuh menggunakan aset-aset berbasis luar angkasa dalam masa krisis", seperti dilaporkan kantor berita Reuters.

Beijing akan meluncurkan "modul inti" untuk stasiun luar angkasa pertama mereka pada 2018 mendatang.

Sumber: BBC
Editor: Dodo