Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Muslim Sebut Sah-sah Saja Bayar ke Rekening Sekolah
Oleh : Irwan Hirzal
Selasa | 28-06-2016 | 21:51 WIB
Muslim-Bidin.jpg Honda-Batam

Kadisdik Batam, Muslim Bidin (Foto: Irwan Hirzal)

BATAMTODAY.COM, Batam - Kepala Dinas Pendidikan (Disdik) Kota Batam, Muslim Bidin membantah adanya indikasi permainan dalam Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) di SMA Negri 5 Sagulung. 

"Kalau soal rekening, saya belum mendapat laporan resmi, hanya melalui SMS. Tapi kalau warga sekitar tidak masuk sekolah tersebut, sekarang permasalahannya sudah sampai di Walikota Batam dan masih dibahas," kata Muslim Bidin saat ditemui di Vista Hotel.

Muslim mengatakan, sah-sah saja apabila sekolah melakukan pembayaran melalui rekening. Namun saat ini pihaknya sudah memanggil Kepala Sekolah untuk melakukan klarifikasi. Baca: LSM Batam Monitoring Pertanyakan Hasil PPDB di SMA Negeri 5 Batam

"Saya tidak yakin hal itu. Tidak mungkin Kepala Sekolah senekad itu. Karena setiap sekolah, mempunyai rekening sekolah sendiri dengan atas nama bendahara dan Kepala Sekolah," katanya.

Sementara, untuk para siswa yang tidak diterima di sekolah tersebut masih dibahas. Karena hampir 800 siswa/siswi melakukan pendaftaran, sementara yang diterima hanya setengahnya.

Ia mengaku sudah membicarakan hal ini kepada Ketua RW di SMA 5 Sagulung. Untuk saat ini semua siswa yang tidak diterima didata dan nanti akan diseleksi bersama Walikota Batam.

Untuk itu siswa yang sudah diterima melalui sistem online tetap berjalan. Sementara untuk yang tidak diterima katanya lagi, diminta bersabar.

"Dari 20 persen, setiap kuota sekolah yang diterima itu ada tiga kategori. Tidak mampu bina lingkungan dan berperestasi. Bina lingkungan hanya 5 persen. Tapi bina lingkungan juga masuk dalam kategori siswa tidak mampu. Nanti kita bicarakan ke Pak Wali," pungkasnya.