Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Senin, Kementerian Agama Gelar Sidang Itsbat Penetapan Idul Fitri 1437 Hijriah
Oleh : Redaksi
Selasa | 28-06-2016 | 17:12 WIB
Hilal.jpg Honda-Batam

Ilustrasi. (Foto: Setkab.goid)

BATAMTODAY.COM, Jakarta - Kementerian Agama (Kemenag) melalui Ditjen Bimas Islam baru akan menggelar sidang itsbat (penetapan) awal bulan Syawal 1437H pada Senin (4/7/2016) mendatang. Melalui mekanisme sidang itsbat ini, Kemenag akan menetapkan kapan berakhirnya bulan Ramadan dan kapan Hari Raya Idul Fitri 1 Syawal 1437H.

"Sidang itsbat awal Syawal tahun ini akan dilaksanakan pada Senin, 4 Juli 2016, di Auditorium HM. Rasjidi, Kementerian Agama RI, Jl. MH. Thamrin No. 6, Jakarta," kata Direktur Urusan Agama Islam dan Pembinaan Syariah (Urais-Binsyar) Kementerian Agama, Muhammad Thambrin, dilansir laman Sekretariat Kabinet, Selasa (28/6/2016)

Thambrin menjelaskan, sidang itsbat tersebut akan dihadiri oleh Duta Besar negara-negara sahabat, Ketua Komisi VIII DPR RI, Mahkamah Agung, Majelis Ulama Indonesia (MUI), Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG), Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (LAPAN), Badan Informasi Geospasial (BIG), Bosscha Institut Teknologi Bandung (ITB), Planetarium, Pakar Falak dari Ormas-ormas Islam, Pejabat Eselon I dan II Kementerian Agama; dan Tim Hisab dan Rukyat Kementerian Agama.

"Sidang itsbat merupakan wujud kebersamaan Kementerian Agama selaku Pemerintah dengan Ormas Islam dan instansi terkait dalam mengambil keputusan, yang hasilnya diharapkan dapat dilaksanakan bersama," jelas Thambrin.

Menurut Thambrin, sidang itsbat akan dimulai pukul 17.00 WIB, diawali dengan pemaparan dari Tim Hisab dan Rukyat Kementerian Agama tentang posisi hilal menjelang awal Syawal 1437H. Setalah itu, dilanjutkan sidang itsbatnya, yang dijadwalkan akan berlangsung selepas salat Magrib.

Thambrin menegaskan, sidang itsbat akan berlangsung tertutup sebagaimana itsbat awal Ramadan. Namun hasilnya akan disampaikan secara terbuka dalam konferensi pers yang akan digelar setelah sidang,

Guna memantau rukyat hilal Syawal 1437H, menurut Thambrin, Kementerian Agama akan menurunkan sejumlah pemantau di seluruh provinsi di Indonesia. Mereka berasal dari petugas Kanwil Kementerian Agama dan Kemenag Kabupaten/Kota yang bekerjasama dengan Pengadilan Agama dan ormas Islam serta instansi terkait setempat.

Adapun lokasi rukyat hilal awal Syawal 1437H di Kepulauan Riau akan dilaksanakan di kawasan Bukit Cermin, Kota Tanjungpinang.

Editor: Dodo