Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Pasukan Irak Berhasil Kuasai Seluruh Kota Fallujah
Oleh : Redaksi
Senin | 27-06-2016 | 08:36 WIB
irakmenangdifalujjah.jpg Honda-Batam

Foto dari Associated Press menunjukkan pasukan Irak membawa bendera ISIS dengan posisi terbalik di Fallujah, Irak, Minggu, 26 Juni 2016. 

BATAMTODAY.COM, Fallujah - Pasukan Irak telah membebaskan kota Fallujah dari laskar ISIS setelah operasi militer selama sebulan untuk merebut kekuasaan, menurut seorang pejabat tinggi Irak.

 

Letnan Jenderal Abdul-Wahab al-Saadi mengatakan hari Minggu Fallujah sekarang “sudah sepenuhnya dibebaskan.” Setelah pasukan Irak menguasai daerah Julan, daerah terakhir kota itu yang masih dikuasai ISIS.

Hari Sabtu, Pasukan Khusus Irak meneruskan tugas mereka di Fallujah setelah mengumumkan sebagian besar kota itu telah direbut kembali sehari sebelumnya.

Perdana Menteri Irak Haider al-Abadi mengatakan hari Jumat “kota itu pasti akan dibebaskan dari militan ISIS. ISIS akan dikalahkan.”

Penduduk telah mengungsi dari Fallujah dalam beberapa hari ini sementara pertempuran berkobar. Banyak dari mereka tinggal di tempat terbuka karena kamp pengungsi telah penuh.

Selama beberapa minggu ini, para pejabat intelijens Amerika telah menggambarkan kelompok ISIS “sedang dalam keadaan paling lemah sejak perluasannya yang cepat.”

Presiden Amerika Barack Obama mengatakan dalam jumpa pers baru-baru ini ISIS “sedang mendapat tekanan yang sangat besar dan ISIS telah kehilangan para pemimpin utamanya.

“Sebegitu jauh, kita telah menewaskan lebih dari 120 pemimpin dan komandan ISIS. ISIS terus kehilangan wilayah di Irak. Semuanya, ISIS sekarang telah kehilangan hampir separuh daerah berpenduduk yang pernah dikuasainya di Irak, dan wilayahnya akan terus jatuh,” kata Obama pekan lalu.

Tetapi para analis mengatakan walaupun wilayah ISIS yang telah jatuh ke tangan Irak cukup besar, kelompok itu masih dapat bertahan hidup.

Sumber: VOA Indonesia
Editor: Dardani