Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Ini Imbauan Danlantamal IV Soal Cuaca Ekstrim di Laut Kepri
Oleh : Harjo
Jum'at | 24-06-2016 | 14:10 WIB
danlantamal-irawan.jpg Honda-Batam

Komandan Pangkalan Utama Angkatan Laut (Danlantamal) IV Laksamana Pertama TNI S Irawan SE.

BATAMTODAY.COM, Batam - Komandan Pangkalan Utama Angkatan Laut (Danlantamal) IV Laksamana Pertama TNI S Irawan SE, menghimbau seluruh masyarakat Kepri, pengguna transportasi laut dan masyarakat nelayan, agar mewaspadai cuaca buruk yang sewaktu-waktu bisa terjadi pada musim pancaroba sekarang ini.

"Saat ini musim angin pancaroba dari barat, akibatnya kondisi cuaca di perairan Kepri sulit diprediksi. Gelombang besar disertai angin kencang sering muncul mendadak sehingga dapat membahayakan keselamatan nelayan, dan pengguna transportasi laut lainya", terang S Irawan, Jumat (24/6/2016).

Danlantamal IV mengingatkan kepada masyarakat Kepri sehubungan dengan semakin dekatnya Hari Raya Idul Fitri 1437 H banyak masyarakat yang akan mudik ke kampung halaman terutama ke pulau-pulau seperti Natuna dan pulau-pulau lainya agar tetap mengutamakan keselamatan mewaspadai cuaca ekstrim.

Kepada perusahaan operator kapal-kapal, agar tetap mengutamakan keselamatan penumpangnya terutama jangan sampai kelebihan penumpang, selain itu memperhatikan informasi cuaca yang dikeluarkan oleh BMKG dan standar keamanan seperti pelampung, alat keselamatan, alat komunikasi dan lain-lain harus diperhatikan.

Danlantamal IV menambahkan menjelang hari raya Idul Fitri 1437 H dan libur bersama jajaranya akan terus melakukan pemantauan laut. Terutama waktu-waktu seperti ini, banyak pihak-pihak yang tidak bertanggung jawab memanfaatkan kelengahan petugas melakukan kegiatan ilegal.

"Sudah kita instruksikan ke jajaran bawah tingkatkan pengawasan dan sebagai bentuk antisipasi kegiatan ilegal,” tegasnya.

Editor: Dodo