Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

PPDB di Batam Bikin Calo Gigit Jari, Ini Sebabnya...
Oleh : Irwan Hirzal
Kamis | 23-06-2016 | 15:46 WIB
sma-negeri-4.jpg Honda-Batam

SMA Negeri 4 Batam.

BATAMTODAY.COM, Batam - Sistim yang digunakan dalam Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) dengan data siswa langsung terhubung atau masuk ke pusat membuat sejumlah calo tidak berkutik.

Beberapa calo pun harus gigit jari ketika mencoba memaksakan siswa tetap masuk ke sekolah yang dituju. Karena sekolah mentah-mentah menolak memasukkan siswa tanpa jalur PPDB.

"Lebih enak tahun ini menerima siswa baru, karena secara otomatis terhindar oleh para calo siswa," kata Kepala Sekolah SMAN 4 Tiban Kampung, Tapi Winanti, Kamis (23/6/2016)

Menurut Tapi, hal itu karena sekolah hanya bertugas pelaksana dalam melakukan input data para siswa yang mendaftar. Sementara yang melakukan seleksi itu sistem PPDB.

Sementara kuota setiap sekolah sudah ditentukan dari ruang kelas yang ada. Hal itu sudah dipantau oleh Dinas Pendidikan (Disdik) Kota Batam.

"Kita di sini hanya bisa input, berbeda pada tahun lalu sistim penerimaan siswa baru," katanya.

SMAN 4 sendiri menerima 252 siswa dengan jumlah ruang 7 kelas, jumlah penerima itu termaksut 20 persen dari siswa miskin, warga sekitar dan siswa berprestasi.

"Yang mengembalikan formulir 575 siswa, nanti mereka harus bersaing dalam segi nilai. Sabtu pagi akan kita umumkan," katanya.

Editor: Dodo