Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Gomes Bawa Jerman Lolos 16 Besar Sebagai Juara Grup C
Oleh : Redaksi
Rabu | 22-06-2016 | 08:12 WIB
pemainjerman.JPG Honda-Batam

Para pemain Tim nasional (timnas) Jerman akhirnya memastikan kemenangan 1-0 atas Irlandia Utara di pertandingan terakhir Grup C Piala Eropa 2016, Selasa (21/6/2016). (Foto: Sportsatu) 

BATAMTODAY.COM, Marseille - Tim nasional (timnas) Jerman akhirnya memastikan kemenangan 1-0 atas Irlandia Utara di pertandingan terakhir Grup C Piala Eropa 2016, Selasa (21/6). Jerman berhak lolos ke 16 Besar Piala Eropa 2016 sebagai juara grup C berkat gol tunggal Mario Gomes.

 

Thomas Mueller mendapatkan peluang pada menit ke-23. Mendapatkan umpan dada dari Mario Gomez yang menjadi dinding, Mueller langsung melepaskan tembakan. Sayangnya tembakan keras pemain Bayern Muenchen itu masih menyamping di kanan gawang Irlandia Utara.

Mueller tampaknya haus akan gol. Pada menit ke-27, Mueller menyambar umpan silang mendatar dengan tandukan kepala. Namun, kali ini bola masih bisa diselamatkan oleh kiper Irlandia Utara, Michael McGovern.

Jerman berhasil mencetak gol pada menit ke-29 melalui kaki Mario Gomez. Sebuah permainan cantik diperagakan oleh Jerman. Mesut Oezil melepaskan umpan kepada Gomez yang langsung memberikan bola kepada Mueller yang berlari hingga berhadapan dengan kiper. Mueller kemudian memberikan bola ke belakang dan Gomez langsung menyambarnya dan mencetak gol pembuka untuk keunggulan Jerman.

Mueller mendapatkan peluang lagi pada menit ke-34. Mendapatkan umpan silang, Mueller melepaskan tembakan ke sudut atas gawang Rep. Irlandia. Namun, bola masih membentur mistar gawang lawan.

Mario Gomez hampir saja mencetak gol keduanya pada menit ke-40. Tinggal berhadapan dengan kiper Irlandia Utara, Gomez justru kurang baik dalam melepaskan tembakan sehingga bola menuju ke arah McGovern dengan pelan. Keunggulan 1-0 yang dimiliki oleh Jerman pun bertahan hingga 45 menit pertama berakhir.

Jerman mendapatkan dua peluang emas pada menit ke-52 melalui Mario Goetze. Sang pemain sudah berhadapan dengan kiper. Namun, pada percobaan pertama tembakannya mampu dihalau penjaga McGovern. Sementara yang kedua sontekannya masih menyamping di kanan gawang Irlandia Utara.

Gomez lagi-lagi mendapatkan peluang dengan memanfaatkan postur tinggi yang dimilikinya. Pada menit ke-82, Gomez mendapatkan bola dari umpan silang yang ditanduknya dengan keras setelah unggul tinggi badan dengan bek Irlandia Utara. Namun, McGovern masih mampu menghalau bola yang mengancam gawangnya.

Kedudukan 1-0 untuk keunggulan Jerman bertahan hingga laga usai. Jerman pun memastikan diri ke 16 Besar Piala Eropa 2016 sebagai juara Grup C setelah di pertandingan lain Polandia juga menang 1-0 atas Ukraina. Jerman dan Polandia sama-sama mengumpulkan tujuh poin di klasemen grup C, tapi Jerman unggul dalam selisih gol. (Sumber: Sportsatu)

Editor: Dardani