Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Bantai Rusia, Wales Catat Sejarah di Piala Eropa 2016
Oleh : Redaksi
Selasa | 21-06-2016 | 09:51 WIB
walascatatsejarah.png Honda-Batam

Gareth Bale dikerumuni rekan se-timnya. (Foto: Sportsatu)

BATAMTODAY.COM, Marseille - Wales berhasil mengukir sejarah dengan melangkah ke 16 besar Piala Eropa 2016 usai menang 3-0 atas Rusia di laga pamungkas grup B, Selasa (21/6/2016) dini hari WIB. Keberhasilan tim asuhan Chris Coleman tersebut merupakan prestasi terbaik dalam sejarah Wales yang berstatus tim debutan.

 

Pada babak pertama kedua tim tampil terbuka, tapi Wales tampil lebih efektif di mana mereka sukses unggul dua gol lebih dulu atas Rusia. Adapun dua gol Wales masing-masing dicetak oleh Aaron Ramsey dan Neil Taylor.

Wales yang mengusung formasi 3-5-2 sepertinya berhasil menerapkannya dengan baik pada laga kali ini. Tim asuhan Chris Coleman kembali memperlihatkan permainan cepat dengan intensitas serangan yang cukup tinggi pada babak kedua.

Peluang bagus bagi Wales untuk kembali menambahkan skor pada babak kedua. Berawal dari serangan cepat, di mana bola dibawa Aaron Ramsey di sisi kiri dan langsung mengumpannya ke Gareth Bale. Sayangnya, bintang Real Madrid itu gagal menaklukkan kiper Rusia, Igor Akinfeev.

Rusia mencoba keluar dari tekanan para pemain Wales dan berusaha keras mencetak gol pada babak kedua kali ini. Tim asuhan Leonid Slutsky beberapa kali melakukan percobaan skema serangan dari pemain sayap mereka. Tapi, serangan yang mereka bangun masih bisa dipatahkan oleh barisan bertahan Wales.

Bale menorehkan catatan apik bersama timnas Wales di Piala Eropa dengan mencantumkan namanya di papan skor pada menit ke-67. Berawal dari serangan di sisi kanan, bola kemudian dibawa Ramsey ke depan kotak penalti Rusia dan langsung mengumpan ke sisi kiri.

Bale yang tak terkawal kemudian menyambut bola dan langsung menaklukkan Igor Akinfeev. Gol tersebut merupakan yang ketiga bagi Bale bersama Wales di Piala Eropa dan dilakukan secara beruntun dalam tiga pertandingan. Tidak hanya itu, mantan pemain Tottenham Hotspur itu sementara memimpin tabel pencetak gol terbanyak Piala Eropa 2016.

Wales benar-benar tampil luar biasa pada babak kedua dan tak membiarkan Rusia mengembangkan permainan mereka. Tim yang dikapteni Ashley Williams ini kerap memainkan bola di tengah lapangan dengan umpan-umpan pendek antar pemain.

Rusia masih belum menyerah dan hampir saja mencetak gol pada laga kali ini. Serangan yang dibangun di sisi kiri berhasil menembus pertahanan Wales dan bola langsung disodorkan ke depan gawang olah Pavel Mamaev, tapi Artem Dzyuba gagal mengarahkan bola tersebut ke dalam gawang.

Kedudukan 3-0 untuk kemenangan Wales menjadi penutup laga kali ini. Kemenangan tersebut membuat Wales berhak melaju ke babak 16 besar sebagai pemuncak grup B dengan koleksi enam poin. Bale dkk. unggul satu poin dari Inggris yang di posisi kedua dengan lima poin. (Sumber: Sportsatu)

Editor: Dardani