Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Imbang dengan Slowakia, Inggris Melaju ke 16 Besar
Oleh : Redaksi
Selasa | 21-06-2016 | 09:44 WIB
rooney.JPG Honda-Batam

Kapten Timnas Inggris Rooney kecewa di depan gawang Slowakia. (Foto: Sportsatu)

BATAMTODAY.COM, Marseille - Tim nasional (timnas) Inggris hanya bermain imbang tanpa gol dengan Slowakia di pertandingan terakhir Grup B Piala Eropa 2016, Selasa (21/6) dini hari WIB. Inggris pun lolos ke-16 Besar Piala Eropa 2016 sebagai runner-up grup setelah Wales meraih kemenangan atas Rusia. Sementara Slowakia masih punya peluang untuk lolos ke 16 Besar sebagai salah satu dari empat tim peringkat ketiga terbaik.

 

Adam Lallana mendapatkan peluang pada menit ke-12 setelah menerima umpan pendek dari Jamie Vardy. Namun tembakan yang dilepas Lallana masih melenceng dari target.

Menit ke-17 Jamie Vardy mendapatkan peluang setelah menerima umpan terobosan dari Jodan Henderson. Vardy tinggal berhadapan dengan kiper Slowakia, Matus Kozacic. Sayangnya tembakan Vardy masih bisa dihalau oleh Kozacic.

Lallana kembali mendapatkan peluang emas pada menit ke-33. Pemain Liverpool itu mendapatkan bola umpan silang dari Nathaniel Clyne. Namun, lagi-lagi tembakannya belum memecah kebuntuan karena dihalau oleh Kozacic.

Inggris terus mendominasi penguasaan bola sepanjang babak pertama, di mana hanya sesekali Slowakia memegang bola dan harus berakhir sebelum gawang Joe Hart bisa terancam. Kedudukan imbang tanpa gol pun bertahan hingga 45 menit pertama berakhir.

Pertandingan berlanjut cukup intens di babak kedua. Slowakia perlahan mulai membuka pertahanan Inggris. Bahkan bek Inggris, Chris Smalling, hampir saja membahayakan gawang Inggris setelah umpan silang ke depan gawang Inggris yang ditahannya dengan dada untuk diambil oleh Joe Hart terlalu lemah sehingga membuat Robert Mak maju untuk mengambil keuntungan. Beruntung bagi Inggris, Hart mampu mengamankan gawangnya dari kebobolan.

Slowakia berhasil membuat peluang pada menit ke-54 melalui Vladimir Weiss yang mendapatkan bola di dalam kotak penalti Inggris. Namun, tembakan mendatar yang dilepakannya masih bisa dihentikan dengan baik oleh Joe Hart.

Inggris mendapatkan kesempatan emas pada menit ke-61. Umpan silang Jordan Henderson mendarat tepat di depan Dele Alli, yang baru masuk menggantikan Adam Lallana. Namun, tembakan Alli yang tepat ke arah gawang masih mampu ditepis oleh kiper Slowakia, Kozacic.

Inggris terus menekan pertahanan Slowakia. Wayne Rooney, yang masuk menggantikan Jack Wilshere, memimpin lini tengah The Three Lions bersama Jordan Henderson. Rooney bahkan mendapatkan peluang pada menit ke-83. Namun, sayangnya tembakan striker Manchester United itu masih jauh dari target.

Hingga pertandingan usai, kedudukan imbang tanpa gol tetap bertahan. Inggris pun lolos ke 16 Besar Piala Eropa 2016 sebagai runner-up Grup B dengan lima poin dari tiga laga, terpaut satu poin dari Wales yang lolos sebagai juara grup setelah menang 3-0 atas Rusia di pertandingan terakhir.

Sementara itu, Slowakia masih punya kesempatan untuk lolos ke 16 Besar Piala Eropa 2016 dengan status sebagai salah satu dari empat tim peringkat ketiga terbaik. (Sumber: Sportsatu)

Editor: Dardani