Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Pendaftar Siswa Baru di SMAN 5 Batam Membludak
Oleh : Harun al Rasyid
Senin | 20-06-2016 | 14:58 WIB
ppdb-sma-5-batam.jpg Honda-Batam

Antrean pendaftar di SMA Negeri 5 Batam. (Foto: Harun al Rasyid)

BATAMTODAY.COM, Batam - Pendaftaran siswa baru kelas X di Sekolah Menengah Atas (SMA) Negeri 5, Batam tampak membludak. Ratusan siswa baru ini meluber hingga ke emperan sekolah sejak dini hari.

Pantauan BATAMTODAY.COM, sekolah yang terletak di Kavling Lama, Sagulung ini dikerumuni sekitar 700 calon siswa baru. Bahkan ratusan calon siswa kelas X ini sudah mendatangi sekolah tersebut sejak dini hari. Ada yang datang bersama orangtua, namun tak jarang diantaranya ada yang datang sendiri.

"Sehabis sahur langsung ke sini, takutnya tak dapat nomor antrean. Ini saja dapat nomor 131," ujar Dewi, salah satu wali calon siswa baru SMAN 5 kepada BATAMTODAY.COM.

Dewi tidak sendirian, sejak pukul 04.00 WIB kata dia, puluhan wali siswa dan calon siswa sudah tampak di emperan sekolah ini. Antusias para pendaftar di SMAN 5 ini mulai tampak membludak sekitar pukul 06.00 WIB satu jam sebelum pintu antrean di buka.

"Waktu saya datang, sudah banyak ibu- ibu di sini pada nunggu. Padahal bukanya baru jam 7 pagi," ungkapnya.

Sementara Hadra Khumairoh Anisa (15), salah satu calon siswa baru menuturkan, ia bersama 5 temannya sengaja datang pukul 06.00 WIB. Dengan memegang nomor antrian 303, ia berharap dapat diterima di SMAN 5.

"Sudah antre dari tadi tapi belum dipanggil. Mau masuk jurusan IPA semoga saja diterima. Ada teman saya yang tidak dapat nomor antrean terpaksa besok baru balik ke sini lagi," tutur Hadra.

Tempat yang sama, Humas SMAN 5 Batam, Sarimin Adang mengatakan, pendaftaran siswa baru ini akan berlangsung selama 3 hari ke depan. Di hari pertama penerimaan siswa baru, pihaknya mengeluarkan 400 nomor antrean. "Besok kita buka top pendaftar lagi, lusa juga sama. Cuma 3 hari saja kita buka dan akan diumumkan pada Senin (27/6/2016) mendatang," kata Sarimin.

Lanjut dia, sesuai intruksi dari Dinas Pendidikan Kota Batam, pihaknya hanya menampung 320 siswa baru di tahun ajaran 2016-2017. Kuota siswa baru ini sesuai dengan ruangan kelas yang tersedia yaitu 8 lokal. Sehingga, nantinya para pendaftar ini akan diseleksi lagi sesuai dengan persyaratan yang ditetapkan sekolah.

"Persyaratan nilai minimum tahun lalu 7.9, tahun ini tetap seperti itu. Tetap kita seleksi lagi jadi nanti satu kelas isinya 40 siswa," ujarnya.

Disinggung mengenai "siswa titipan" Sarimin langsung menolak tegas. Dikatakannya, semua calon siswa memiliki hak dan kewajiban sama serta pihaknya tidak menerima siswa tanpa melalui proses seleksi. "Tidak ada begituan. Ikuti sesuai aturan yang ada," pungkas Sarimin.

Editor: Dodo

<p><strong><span style="color: red;">BATAMTODAY.COM, </span> Batam</strong>