Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Pemkab Bintan Gelar Festival Lampu Cangkok Tingkat Kecamatan
Oleh : Charles Sitompul
Sabtu | 18-06-2016 | 10:32 WIB
ratas.jpg Honda-Batam

Wakil Bupati Bintan, Dalmasri Syam, saat memimpin Rapat Terbatas di Ruang Rapat 2 Kantor Bupati Bintan membahas tentang penyelenggaraan festival Lampu Cangkok yang diikuti seluruh Kecamatan di Bintan (Foto: Charles Sitompul)

BATAMTODAY.COM, Bintan - Pemerintah Kabupaten Bintan akan menggelar festival lampu cangkok yang akan diikuti oleh tingkat kecamatan di Kabupaten Bintan.

”Menyambut ide dari Bapak Bupati Bintan, maka Festival Lampu Cangkok ini akan digelar sebagai upaya melestarikan budaya tradisional Melayu, sekaligus menyemarakkan bulan suci Ramadan di Kabupaten Bintan,” ujar Wakil Bupati Bintan, Dalmasri Syam, saat memimpin Rapat Terbatas di Ruang Rapat 2 Kantor Bupati Bintan, Kamis (16/6/2016).

Dalam rapat itu dibahas, bahwa untuk tiap kecamatan dianjurkan untuk membuat satu karya seni yang ornamennya dari tatanan lampu cangkok yang berbahan minyak tanah serta ditempatkan di lokasi desa tiap-tiap Kecamatan.

Pemerintah juga akan membentuk Tim Panitia Kecil yang dikoordinir oleh Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Bintan, Luki Zaiman Prawira, yang akan menilai tiap-tiap desa per kecamatan yang akan dipertandingkan.

Menurut Kabag Humas dan Protokol Setda Kab Bintan, Ronny Kartika, mengatakan bahwa kegiatan ini dapat juga dijadikan salah satu gelaran wisata religius yang mengandalkan kearifan lokal dan budaya, yang rencananya akan dinilai pada tanggal 27-28 Ramadan nanti oleh Panitia Kabupaten.

Menurutnya, festival ini mempunyai keunikan, di mana semua bahan ornamen lampu cangkok bisa dikreasikan serta dapat ditata rapi di seluruh pelosok desa, sehingga membuat desa-desa menjadi lebih semarak.

”Gelaran lampu cangkok ini juga bisa dijadikan event budaya festival tradisional,” ujarnya.

Ditambahkannya, tradisi ini merupakan warisan kultur masyarakat Melayu yang mulai hilang, untuk itu Bupati Bintan dan Wakilnya ingin menghidupkan lagi tradisi ini. Di mana memasang lampu cangkok di bulan Ramadan merupakan wujud rasa syukur masyarakat dalam memasuki dan meriahkan malam lailatulkadar dan menyambut gembira hari kemenangan Idul Fitri.

“Keindahannya saat malam hari membuat daya tarik seni yang artistik sehingga harus terus dilestarikan,” tandasnya.

Turut hadir pada Rapat Terbatas tersebut, Sekda Kab Bintan Lamidi, Assisten 1, Assisten 2 , Assisten 3 Setda Kab Bintan, jajaran SKPD Kab Bintan, Camat dan Jajaran Kemenag Bintan.

Editor: Udin