Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Mau Lagu Apa Saja, Java Country Siap Melayani
Oleh : Shodiqin
Jum'at | 02-09-2011 | 14:58 WIB
javacon.gif Honda-Batam

Java Country saat tampil di Hotel Novotel Batam. batamtoday/ Shodiqin

BATAM, batamtoday - Sebuah kelompok musik bernama Java Country boleh dibilang serba bisa. Dia bisa menyanyikan lagu berbahasa Inggris, Mandarin, Korea, Jepang dan Pilipino.

Kelompok musik yang digawangi Wiyono dan Candrasari ini telah melanglangbuana hingga mancanegara. Kini, Java Country menetap di Batam.

Kalau Anda datang ke Novotel pada malam hari pada bulan Ramadhan lalu, Anda pasti menjumpai kelompok musik country yang tampil tiap malam di salah satu hotel berbintang di Batam tersebut. Suara musik gaya country mengalun dengan bahasa sesuai dengan dominasi kebangsaan audiens.

"Kalau audiens lebih banyak bule, maka kami nyanyikan lagu berbahasa Inggris. Kalau yang datang terlihat lebih banyak orang Korea, ya kami nyanyikan lagu berbahasa Korea. Demikian pula kalau yang datang orang Cina, Jepang dan Pilipino," kata Wiyono, pemilik Java Country, kepada batamtoday, Jum'at (2/9/2011).

Ketika batamtoday datang ke Hotel Novotel di Batam, jelang Idul Fitri 1432 Hijriyah, Wiyono dan kelompoknya sedang asyik menyanyikan lagi Mandarin. Tak lama kemudian, lagu berbahasa Jepang pun dinyanyikan.

Di hari lain, batamtoday juga menyaksikan Java Country membawakan "Campursari" --campuran pop keroncong, lalu selang beberapa saat menyanyikan lagu Melayu.

Java Country memang bisa menyanyikan lagu dalam banyak bahasa. Kelompok ini tumbuh dari Jakarta tahun 1985; lalu pada 1990, kembali ke kampungnya di Surakarta-Jawa Tengah, Java Country tampil secara bergantian di Hotel Seraton Solo (kini, Hotel Lor In), Hotel Sahid dan Hotel Novotel; pada 1996 masuk ke Denpasar-Bali, juga pentas keliling di hotel-hotel. Barulah pada 14 Mei 1998, Java Country masuk ke Kota Batam hingga kini. Hari-harinya, Java Country tampil di Hotel Novotel terutama pada Sabtu dan Minggu malam.

Di luar itu, Java Country tampil di Cafe The Manggis, Selangor, Malaysia. Dan, sesekali Java Country juga memenuhi undangan dari luar negeri, salah satunya pernah tampil di Melbourne, Australia.

Menonton Java Country memang asyik. Penonton tak dipaksakan harus mendengarkan lagu dalam bahasa yang tak dimengerti, sebab Java Country dapat melayani permintaan audiens dalam bahasa apa saja.
"Siya gumanap nang napakahusay, masaya," ujar Bleza, salah seorang penonton asal Filipina, saat menonton Java Country di Novotel Batam. Maksudnya, dia tampil sangat bagus, mengasyikkan!